Comscore Tracker

Hilang di Pelabuhan Cilacap, Tubuh Nelayan Ditemukam Pakai Alat Ini

AquaEye dan underwater search device dipakai tim SAR

Cilacap, IDN Times - Seorang nelayan bernama Tasmiadi ditemukan para penyelam Basarnas dalam kondisi meninggal dunia di perairan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC) tepatnya sekitar Sungai Kaliyasa.

Tasmiadi semula dilaporkan tenggelam ketika sedang membersihkan sampah yang tersangkut di baling-baling perahu yang dinaikinya.

1. Tasmiadi jatuh ke laut satu bersihkan sampah di baling-baling perahunya

Hilang di Pelabuhan Cilacap, Tubuh Nelayan Ditemukam Pakai Alat IniPerahu karet dipakai tim SAR Cilacap untuk mencari keberadaan Tasmiadi yang tenggelam di Pelabuhan Samudera Cilacap. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Adah Sudarsa, Kepala Basarnas Cilacap menjelaskan kejadian berawal saat Tasmiadi pulang melaut bersama temannya dengan naik perahu fiber Sri Leksana hari Jumat (30/9/2022) jam 19.30 WIB malam. 

Setibanya di muara Sungai Kaliyasa atau timur pabrik Toxindo, mesin perahunya ngadat lantaran baling-balingnya tersangkut sampah. 

"Kemudian korban berusaha ambil sampah di baling-baling mesin. Karena korban tidak melihat ke depan, jadi perahunya menabrak perahu compreng yang sedang parkir. Akibatnya korban terpental dan jatuh ke sungai. Korban berenang tetapi tidak bisa, sehingga korban tenggelam" ujar Adah, Sabtu (1/10/2022). 

Baca Juga: Dramatis! Personel SAR Cilacap Evakuasi 2 Pekerja yang Tertimbun Dinding Sumur

2. Tasmiadi tinggal di Jalan Penyu Cilacap Selatan

Hilang di Pelabuhan Cilacap, Tubuh Nelayan Ditemukam Pakai Alat IniPara personel SAR Cilacap menyusuri perairan Pelabuhan Samudera memakai perahu karet. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Tasmiadi teridentifikasi berusia 68 tahun yang tinggal di Jalan Penyu RT 01/RW XI Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan. 

Proses pencarian dilakukan semalam suntuk untuk mencari tubuh Tasmiadi yang hilang di perairan Pelabuhan Samudera Cilacap. Satu regu bergerak ke lokasi kejadian dengan peralatan pertolongan kecelakaan air.

3. Penyelam pakai alat AquaEye dan Underwater Search Device

Hilang di Pelabuhan Cilacap, Tubuh Nelayan Ditemukam Pakai Alat IniAlat AquaEye dipakai untuk mendeteksi benda yang mengambang di perairan Pelabuhan Samudera Cilacap. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Upaya penyisiran menggunakan perahu karet. Tim SAR juga mengerahkan para penyelam untuk melacak keberadaan Tasmiadi di dalam laut. 

Adah berkata para penyelam memakai alat canggih seperti AquaEye serta Underwater Search Device sembari menyelam di kedalaman tertentu. 

"Pukul 23.29 malam korban dapat ditemukan dengan cara penyelaman oleh rescuer Basarnas Cilacap," ungkapnya. 

4. Jenazah Tasmiadi berhasil dievakuasi tim SAR

Hilang di Pelabuhan Cilacap, Tubuh Nelayan Ditemukam Pakai Alat IniTubuh Tasmiadi ditemukan tim SAR dalam keadaan meninggal dunia. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Selanjutnya jenazah Tasmiadi dievakuasi lalu dibawa ke RSUD Cilacap untuk dilakukan visum petugas medis.

"Dengan telah ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai. Dengan ucapan terimakasih, seluruh unsur SAR yang terlibat dapat kembali ke kesatuannya masing-masing," bebernya. 

Baca Juga: Kapal Nelayan Cilacap Terbakar, 1 ABK Alami Luka Bakar 25 Persen

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya