Izin BPOM Terbit, 3 Daerah di Jateng ini yang Pertama Kali Divaksin

Puluhan ribu nakes akan divaksin 14 Januari

Semarang, IDN Times - Sebanyak tiga daerah di Jawa Tengah menjadi lokasi pertama kali untuk dilakukan vaksinasi COVID-19. Proses penyuntikan vaksin akan dilakukan mulai 14 Januari 2021 bagi para penerima vaksin di tingkat puskesmas.

"Pak Kadinkes sudah siapin proses vaksinasi, untuk pertama kali nanti mau dilakukan di Kota Semarang, Solo dan Kabupaten Semarang. Itu ditahap pertama di tanggal 14," ungkap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Selasa (12/1/2021).

1. Ganjar: Para vaksinator sudah siap semua

Izin BPOM Terbit, 3 Daerah di Jateng ini yang Pertama Kali DivaksinPetugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (18/12/2020). Simulasi tersebut dilaksanakan agar petugas kesehatan mengetahui proses penyuntikan vaksinasi COVID-19 yang direncanakan pada Maret 2021. (ANTARA FOTO/Jojon)

Ia menyatakan para vaksinator saat ini telah disiapkan untuk melayani penyuntikan vaksin Sinovac di tiga daerah tersebut. 

"Vaksinator sudah siap semua. Jateng termasuk yang sudah mendaftarkan bahkan seluruh Puskesmas juga sudah kita daftarkan. Jadi sudah 100 persen dari awal," cetusnya.

Baca Juga: Efek Samping Disuntik Vaksin Sinovac, Dinkes Jateng: Panas dan Nyeri

2. RS Tugurejo jadi lokasi vaksinasi di Semarang

Izin BPOM Terbit, 3 Daerah di Jateng ini yang Pertama Kali DivaksinSituasi lobi RSUD Tugurejo Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Untuk di Kota Semarang, katanya proses vaksinasi juga dilakukan di RSUD Tugurejo. Saat meninjau lokasi rumah sakit tersebut, Ganjar memantau kesiapan tenaga medis yang bertugas melakukan vaksinasi. 

RS Tugurejo akan menjadi tempat vaksinasi bagi kalangan pejabat yang ikut divaksinasi.

"RS Tugurejo kita pakai untuk lakukan pengecekan temen-temen yang besok akan melakukan pertama, Tadi pak Wagub juga sudah, pak Kajati besok, pak Pangdam dan pak Kapolda di RS Polri dan TNI masing-masing dan tadi kita juga sampaikan juga sekaligus pada Nakes, untuk menyemangati mereka bahwa kita siap betul dengan vaksinasi," bebernya.

3. Nakes paling banyak disuntik vaksin berada di Kota Semarang

Izin BPOM Terbit, 3 Daerah di Jateng ini yang Pertama Kali DivaksinGubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dok Humas Pemprov Jateng

Sedangkan menurut Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo, kabupaten/kota lainnya yang tak kebagian jatah vaksinasi pada Januari, kemungkinan baru akan melakukan pada Februari nanti. Pihaknya kini telah mendapat jatah 62.560 dosis vaksin Sinovac. 

Dosis vaksin sebanyak itu akan diperuntukan bagi 31.255 tenaga kesehatan (nakes). Ia mencatat ada 15.488 nakes yang akan divaksin di Kota Semarang untuk di Kabupaten Semarang terdapat 4.575 nakes serta 12.227 nakes di Solo.

Baca Juga: Penerapan PPKM Jawa-Bali, Ganjar Sebut Pelaku Usaha ini Bakal Rugi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya