Jalur Pendakian Gunung Merbabu Tutup Selama Pemadaman Kebakaran

BPBD evakuasi warga yang terdampak kepulan asap

Semarang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah memastikan telah menutup semua lokasi jalur pendakian menuju Gunung Merbabu menyusul adanya kebakaran lahan di kawasan tersebut. Bergas Catur Penanggungan, Kepala BPBD Jateng, berkata penutupan jalur pendakian berlaku mulai kemarin malam sampai batas yang tidak ditentukan. 

"Penutupan jalur pendakian yang pasti dilakukan sampai kebakaran lahannya benar-benar padam dan bisa terselesaikan dengan baik," kata Bergas kepada IDN Times, Minggu (29/10/2023). 

Bergas menyatakan, kini telah melarang kepada semua warga untuk naik ke puncak Gunung Merbabu. Bagi kalangan pendaki maupun wisawatan juga dilarang keras memasuki jalur pendakian hingga ada imbauan lanjutan dari BPBD Jateng dan BPBD Kabupaten Semarang. 

"Tentu penutupan jalur pendakian kalau sesuai aturan ya mulai tiga hari. Kemudian bertahap tujuh hari, empat belas hari sampai kebakaran lahannya bisa teratasi," akunya. 

Untuk saat ini, pihaknya telah mengimbau kepada warga terdekat lokasi kebakaran lahan Gunung Merbabu untuk mengungsi agar tidak terkena dampak yang lebih parah. 

Bergas mengaku, pihak BPBD sudah melakukan proses evakuasi terhadap warga di tiga titik lokasi kebakaran supaya dapat dijauhkan dari kepulan asap.

"Penanganan saat ini yaitu mengevakuasi warga. Semua warga yang kena dampaknya dievakuasi ke lokasi pengungsian, kami sudah koordinasi dengan taman nasional dan BNPB," jelasnya. 

Baca Juga: 5 Desa di Boyolali dan Semarang Terdampak Kebakaran Gunung Merbabu

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya