Kenangan Sutopo Semasa SMA: Gemar Menolong dan Suka Geografi

Salah satu adik kelasnya di SMA 1 Boyolali angkat bicara

Boyolali, IDN Times - Sosok Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho memang telah tiada. Rekan-rekan sebayanya saat bersekolah di SMA Negeri 1, Boyolali tak mampu melupakan begitu saja figur yang dikenal gigih dalam menginformasikan perkembangan kebencanaan itu hingga akhir hayatnya.

Sri Sulasmi merupakan adik kelas Sutopo saat sama-sama sekolah di SMA terfavorit di Kota Susu tersebut. Sri mengenal almarhum sebagai orang yang alim. Bahkan, menurutnya, Sutopo muda tak pernah terpikir untuk berpacaran.

"Kebetulan kan saya adik kelasnya beliau di SMA 1 Boyolali. Sama-sama sekolah, dia orangnya alim. Gak mikir pacaran. Pokoknya dari muda memang orang masjid. Pribadinya baik sekali sama teman-temannya," ujarnya kepada IDN Times, Senin (7/7). 

Belasan tahun berlalu, keduanya punya garis hidup masing-masing. Sri kini jadi guru di almamaternya. Sedangkan almarhum puluhan tahun bergelut di BNPB.

Sri mengatakan, semasa mudanya almarhum suka membantu rekan-rekannya yang kesusahan. Perilaku yang suka menolong sesama tersebut, menurutnya sangat pas tatkala almarhum mendapat pekerjaan di BNPB.

"Kalau jadi petugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana ya bener banget. Menurut saya, jiwanya sudah pas karena sejak dulu suka membantu," urainya. 

Soal prestasi yang diraih almarhum semasa sekolah, Sri bilang bahwa almarhum senang dengan pelajaran geografi. "Pak Topo masuk SMA tahun1989. Dan saya masuk setahun setelahnya. Dari segi prestasi, dia memang senang sekali sama pelajaran geografi," pungkasnya. 

Sutopo meninggal dunia di Rumah Sakit Kanker Modern St Stamford, Guangzhou, Tiongkok, Minggu (7/7) pukul 02.20 waktu Guangzhou di usia 49 tahun setelah berjuang melawan kanker paru-paru stadium IV yang dideritanya. Laki-laki kelahiran Boyolali, Jawa Tengah 7 Oktober 1969 ini meninggalkan seorang istri dan dua orang anak.

Baca Juga: Ketua BNPB: Kita Semua Sangat Kehilangan Sosok Sutopo

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya