2 Lansia di Banyumas Alami Serangan Jantung Setelah Divaksinasi

"Meninggal setelah kritis di rumah sakit."

Banyumas, Jawa Tengah - Dua orang lanjut usia (lansia) yang ikut vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah diketahui meninggal dunia. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo mengungkapkan kedua lansia tersebut meninggal setelah mengalami serangan jantung.

"Keduanya meninggal dunia tapi bukan karena efek Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Melainkan ada sakit jantung," kata Yulianto dalam rekaman suara resmi yang diterima IDN Times, Senin (15/3/2021).

1. Dua lansia meninggal di RS Banyumas dan identitasnya dirahasiakan

2 Lansia di Banyumas Alami Serangan Jantung Setelah DivaksinasiIlustrasi Mayat. IDN Times/Mardya Shakti

Pihaknya mengaku saat ini identitas mereka dirahasiakan untuk melindungi privasi bagi keluarganya. Semula keduanya mengikuti vaksinasi pada Senin (8/3/2021). 

Kemudian, pihaknya mendapat laporan dari Dinas Kesehatan Banyumas bila mereka lansia dibawa ke RSUD Banyumas lantaran mengalami serangan jantung. Lalu pada Selasa (9/3/2021), kedua lansia tersebut meninggal dunia. 

"Kita dapat laporannya bahwa ""dua orang yang sudah sepuh (red: tua) meninggal setelah kondisinya kritis di rumah sakit. Memang ada serangan jantung," bebernya.

Baca Juga: Jika Tak Ditangani Dengan Tepat, Limbah Vaksin Bisa Picu Vaksin Palsu

2. Dinkes Jateng akui KIPI yang timbul nyeri dan ngantuk

2 Lansia di Banyumas Alami Serangan Jantung Setelah DivaksinasiIlustrasi Mengantuk. IDN Times/Mardya Shakti

Yulianto menyatakan secara keseluruhan, selama proses vaksinasi berlangsung sampai Senin (15/3/2021), sejumlah warga mengeluhkan efek samping yang ditimbulkan. Untuk jumlahnya, ia tak berkenan menyebutkan kepada awak media.

Adapun keluhannya mulai dari nyeri pada lengan tangan sampai mengantuk. Meski demikian, pihaknya mengklaim tak ada satupun gejala berat yang ditemukan pasca-vaksinasi.

"Itu tergantung kondisi masing-masing yang divaksinasi. Setiap orang gejalanya beda-beda," jelasnya.

3. Ganjar pastikan lansia meninggal karena sakit jantung

2 Lansia di Banyumas Alami Serangan Jantung Setelah DivaksinasiInstagram.com/@ganjar_pranowo

Terpisah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkata kedua lansia yang meninggal di Banyumas tak ada hubungannya dengan vaksinasi Sinovac.

"Kejadian di Banyumas ada yang meninggal (2 lansia) karena sakit jantung," tutupnya.

Baca Juga: Soal Tarif Vaksin Mandiri, Menkes: Pinsipnya Tidak Dipungut Biaya

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya