Mbah Rozaq Meninggal Menggantung saat Tebang Pohon Mangga di Jepara

Mbah Rozaq tercatat berusia 60 tahun

Jepara, IDN Times - Sejumlah warga Desa Pekalongan, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara dikejutkan dengan kejadian yang menimpa Mbah Rozaq, pada Minggu (6/3/2022) Sore. Pria bernama lengkap Abdul Rozaq itu ditemukan meninggal dunia dalam keadaan tergantung di atas pohon mangga dekat rumahnya. 

Rupanya beberapa warga yang melapor kepada petugas Pos SAR Jepara mengaku jika Mbah Rozaq meninggal akibat tersengat aliran listrik yang berada dekat dengan tubuhnya. 

1. Mbah Rozaq kesetrum karena ranting pohon mangga tersangkut kabel listrik

Mbah Rozaq Meninggal Menggantung saat Tebang Pohon Mangga di JeparaTubuh Mbah Rozaq tampak lunglai usai tersengat aliran listrik di atas pohon mangga. (IDN Times/Humas SAR Semarang)

Kejadian naas itu berawal tatkala Mbah Rozaq sekitar jam 14.00 WIB tengah sibuk memangkas dahan pohon mangga. Ketinggian pohon mangganya diperkirakan sekitar 12 meter. 

Mbah Rozaq yang tinggal di Desa Pekalongan RT 03/RW III itu kemudian meminjam sebuah gergaji milik saudaranya di Desa Ngeling, Kecamatan Pecangaan. 

"Ada dugaan korban ingin menarik ranting yang tersangkut. Tapi korban tersengat arus listrik akhirnya tidak sadarkan diri," kata Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto. 

Baca Juga: Menyibak Jejak Keraton Ratu Kalinyamat di Jepara, Kini Terendam Lumpur

2. Personel SAR Jepara evakuasi Mbah Rozaq pakai alat vertikal

Mbah Rozaq Meninggal Menggantung saat Tebang Pohon Mangga di JeparaTim SAR Jepara saat menurunkan kapal karet di Sungai Silugonggo Juwana. (Dok Humas Kantor SAR Semarang)

Dugaan itu diperkuat ketika personel Pos SAR Jepara melakukan evakuasi di lokasi kejadian. 

Koordinator Pos SAR Jepara, Arum Dwi Hartanto kemudian memberangkatkan satu regu penyelamat guna membawa turun tubuh Mbah Rozaq. Evakuasi memakai perlengkapan vertikal. 

3. Tubuh Mbah Rozaq diturunkan pakai metode lowering

Mbah Rozaq Meninggal Menggantung saat Tebang Pohon Mangga di Jeparaseorang petani di Kabupaten Badung tersetrum listrik saat mengikat kabel (Dok.IDN Times/Humas Polsek Abiansemal)

Ketika evakuasi berlangsung, personel Pos SAR Jepara bekerjasama dengan PLN untuk memadamkan aliran listrik untuk sementara. 

Mbah Rozaq dipastikan meninggal dunia seketika di atas pohon mangga. Tim SAR menyebutkan Mbah Rozaq berusia 60 tahun.

"Ketinggian pohonnya sekitar 12 meter. Untuk membawa turun tubuh korban, satu personel kita naik memakai tangga. Lalu mengikat tubuh korban dan korban diturunkan dengan metode lowering" ujar Arum. 

4. Jenazah Mbah Rozaq dibawa ke Puskesmas Pecangaan

Mbah Rozaq Meninggal Menggantung saat Tebang Pohon Mangga di JeparaIlustrasi Mayat. IDN Times/Mardya Shakti

Arum bilang usai dievakuasi, jenazah Mbah Rozaq dibawa ke Puskesmas Pecangaan untuk selanjutnya diserahkan kepada keluarga korban.

"Terima kasih tim SAR gabungan atas evakusinya selanjutnya tim SAR gabungan kembali kesatuannya masing- masing" terangnya. 

Baca Juga: Jepara dan Pemalang PPKM Level 3, Ganjar: Hati-hati COVID-19 Varian Baru

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya