Ombudsman: Jalur Evakuasi di Klaten Rusak, Pantau Alokasi Anggarannya!

Magelang paling siap tangani korban letusan Merapi

Semarang, IDN Times - Ombudsman Jawa Tengah menemukan sejumlah fasilitas pada jalur evakuasi bagi warga yang berada di titik terdekat Gunung Merapi saat ini kondisinya rusak parah. Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah, Siti Farida mengatakan dengan cakupan potensi bencana letusan Merapi yang berada di tiga wilayah administratif, mestinya Pemkab Klaten melakukan kebijakan yang lebih responsif.

"Pemkab mestinya melakukan kebijakan responsif. Yang pertama terkait dengan sarana tempat evakuasi sementara. Untuk di Klaten, lokasi evakuasi sementara bagi warganya masih dalam kondisi terbuka di Balerante. Tidak ada sekat sama sekali dengan kamar lainnya. Maka kita sekarang sedang lakukan koordinasi untuk monitoring anggarannya," kata Farida kepada IDN Times, Rabu (11/11/2020).

1. Jalur evakuasi korban Merapi di Klaten tak kunjung diperbaiki

Ombudsman: Jalur Evakuasi di Klaten Rusak, Pantau Alokasi Anggarannya!ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Menurutnya saat berkomunikasi dengan warga Klaten, pihaknya mendapati banyak sekali jalur evakuasi yang rusak parah. Meski warga dan Pemprov Jateng sudah meminta adanya perbaikan jalan, tetapi tak kunjung mendapat tanggapan dari Pemkab Klaten.

"Masih banyak kerusakan dan itu tidak sesuai dengan prinsip kesiapsiagaan. Ini kan menyangkut keselamatan jiwa warga yang tinggal dekat dengan Gunung Merapi. Apalagi status Merapi sekarang sudah ditetapkan Siaga III," bebernya.

Baca Juga: Gunung Merapi Siaga, 1.047 Warga di Jawa Tengah Diungsikan ke 10 Titik

2. Di Magelang, barang pengungsiannya sudah pakai protokol COVID-19

Ombudsman: Jalur Evakuasi di Klaten Rusak, Pantau Alokasi Anggarannya!mindthegap.today

Mestinya, kata Farida, Kabupaten Klaten bisa mencontoh apa yang sudah dikerjakan oleh Bupati Magelang. Sebab, di Magelang saat ini telah memiliki indikator yang paling siap menangani para korban letusan Gunung Merapi.

Pihaknya mengapresiasi kesiapsiagaan Kabupaten Magelang yang telah menyesuaikan dengan protokol kesehatan COVID-19. Tempat pengungsiannya pun sudah sesuai standar social distansing alias telah mengatur jarak kamar antar pengungsi.

"Ada indikator yang sangat baik di Magelang. Pemkabnya sudah mengatur dengan protokol COVID-19 ada sistem sosial distansing di barak pengungsian. Juga ada sekat-sekat dan tidak bercampur," bebernya.

"Di Magelang ada koordinasi yang menarik terkait kesiapan trauma healing. Dan telah mengevakuasi para ibu hamil dan para lansia. Sehingga ada perlakuan khusus bagi mereka," bebernya.

3. Hanya Magelang yang sudah siap mengatasi bencana letusan Gunung Merapi

Ombudsman: Jalur Evakuasi di Klaten Rusak, Pantau Alokasi Anggarannya!ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Pihaknya saat ini menyarankan kepada Kabupaten Boyolali juga untuk membenahi segala kekurangan berkaitan dengan keselamatan bagi warga yang terdampak letusan Merapi. Pihaknya melihat dari tiga daerah di kaki Gunung Merapi, hanya Magelang yang sudah siap.

"Terutama kerusakan jalur evakuasi tidak sebanyak di Klaten. Alokasi anggarannya juga sudah siap," bebernya.

4. Ganjar minta Pemkab menata barak pengungsian korban Merapi

Ombudsman: Jalur Evakuasi di Klaten Rusak, Pantau Alokasi Anggarannya!jatengprov.go.id

Sedangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua aspek bersiaga menghadapi letusan Gunung Merapi. Warga saat ini berangsur-angsur sudah dievakuasi.

"Kita ingatkan kawan-kawan di daerah untuk menata tempat pengungsian. Kita sudah standby, logistik sudah disiapkan. Kita telah menengok di Klaten, Boyolali dan Magelang untuk disiapkan semua sarananya," imbuhnya.

Ia menyatakan letusan Merapi selalu berada diluar skenario yang dirancang semula. Masyarakat telah memahami hal tersebut. "Ini skenarionya Gusti Allah. Itu gak pernah sesuai skenario lho. Kalau masyarakatnya sekian tahun sudah paham. Tinggal kita kasih informasi detail agar siaga terus. Kekuatan dari BPBD TNI polisi PMI SAR sudah siap. Kita minta mereka melaporkan keadaanya terus-menerus," tandasnya.

Baca Juga: Arah Erupsi Gunung Merapi ke Klaten, Ganjar: Warga Jangan Panik

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya