Comscore Tracker

Penyebab Kebakaran Relokasi Pasar Johar, Sumber Api dari Blok F-4

Sebanyak 512 kios pedagang ludes terbkar

Semarang, IDN Times - Aparat kepolisian tengah mempertajam penyelidikan untuk membongkar penyebab kebakaran di kawasan relokasi Pasar Johar Semarang. Polda Jawa Tengah menyatakan indikasi sementara kebakaran dipicu sumber api yang berasal dari kios milik pedagang jeruk.

"Berdasar keterangan saksi, api diduga dari kios jeruk blok F-4 di kawasan relokasi Pasar Johar. Untuk hasil lengkapnya, kita tunggu penyelidikan lanjutan dari para personel," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, Kamis (3/2/2022).

1. Api cepat membesar karena kiosnya berdempetan

Penyebab Kebakaran Relokasi Pasar Johar, Sumber Api dari Blok F-4Tim Labfor Polda Jateng menyelidiki penyebab kebakaran relokasi Pasar Johar. (IDN Times/Humas Polda Jateng)

Menurutnya kebakaran yang meluluhlantakan relokasi Pasar Johar juga dipicu kondisi kios yang saling berdempetan. 

Tak cuma itu saja, katanya, bahan baku kiosnya mayoritas memakai kayu. Dari penyelidikan yang dilakukan tim Labfor Polda Jateng diketahui para saksi kejadian mengaku kobaran api dari blok F-4. Kemudian dengan angin yang kencang maka kobaran api merembet ke semua kios blok F dan blok E.

"Api cepat menyebar karena lokasi antar kios yang berdempetan. Bahan yang digunakan sebagian besar kayu. Ditambah ada angin berhembus kencang," imbuhnya.

Baca Juga: Pedagang Korban Kebakaran Relokasi Pasar Johar Semarang Disuruh Pindah

2. Sebanyak 512 kios pedagang hangus terbakar

Penyebab Kebakaran Relokasi Pasar Johar, Sumber Api dari Blok F-4Garis polisi dipasang di lokasi kios relokasi Pasar Johar yang terbakar. (IDN Times/Humas Polda Jateng)

Pihaknya masih memeriksa semua saksi mata di lokasi kejadian. Data dari Polda Jateng ditemukan 512 kios yang hangus terbakar. Kios yang disambar api terletak di blok E-1 sampai E-8 serta blok F-1 sampai F-8.

"Bidlabfor terjun ke lokasi untuk menyelidiki penyebab pasti kebakaran. Untuk saksi-saksi kejadian diperiksa. Korban jiwanya nihil. Kerugian material secara pasti masih didatakan," bebernya.

3. Tiga mobil water canon dikerahkan padamkan kebakaran

Penyebab Kebakaran Relokasi Pasar Johar, Sumber Api dari Blok F-4Dua petugas melewati kerumunan warga yang menyaksikan kondisi relokasi Pasar Johar yang terbakar. (IDN Times/Humas Polda Jateng)

Seperti diberitakan sebelumnya, ada tiga mobil water Canon milik Polrestabes dan Polda Jateng serta belasan damkar milik Pemkot Semarang dan Pemkab Semaramg dilibatkan dalam proses pemadaman. Sementara puluhan polisi mengamankan lokasi dan membantu mengurai arus lalu lintas di sekitar pasar.

Baca Juga: Pedagang Pasar Johar Semarang Geruduk Kantor Dinas Perdagangan

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya