Comscore Tracker

PPP Isyaratkan Usung Ridwan Kamil Jadi Capres 2024, Ini Alasannya

PPP butuh pemimpin yang mau mikirin nasib pesantren

Semarang, IDN Times - Elite Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tengah melirik Ridwan Kamil untuk diusung sebagai calon presiden pada bursa Pilres 2024 mendatang. Ridwan Kamil diklaim telah sesuai dengan kesepakatan Munas PPP yang menginginkan sosok pemimpin yang bisa mengembangkan pesantren dan dekat dengan para kiai dan habaib.

"Para kyai, ulama dan habaib sudah mengenal Ridwan Kamil dan melalui forum ini akan menjadi modal yang natinya dapat mengambil langkah strategis," ungkap Sekjen PPP, Arwani Thomafy usai kegiatan Munas Alim Ulama PPP, di Ponpes Fadhlur Fadhlan, Mijen Semarang, Minggu (17/10/2021).

1. PPP ngaku butuh pemimpin yang punya pemikiran untuk pesantren

PPP Isyaratkan Usung Ridwan Kamil Jadi Capres 2024, Ini AlasannyaIDN Times/Galih Persiana

Arwani menekankan jika para sesepuh ulama pada tahun 2024 nanti mengharapkan ada sosok pemimpin bangsa yang memiliki pemikiran yang luas bagi kepentingan umat Islam.

Selain itu, upaya pengembangan pesantren yang menjadi harapan dari para kiai, ulama dan habaib termasuk juga kebijakan politik legislasi.

Baca Juga: DPW PKB Jabar: Ridwan Kamil Bisa Jadi Anggota Selama Punya Ide Sama

2. Emil punya kedekatan pribadi dengan mendiang Mbah Moen

PPP Isyaratkan Usung Ridwan Kamil Jadi Capres 2024, Ini AlasannyaANTARA FOTO/Deni Santosa

Sedangkan, Ridwan Kamil mengaku punya kedekatan pribadi terhadap para sesepuh PPP terutama hubungan baiknya kepada almarhum Pengasuh Ponpes Sarang, Rembang, KH Maimoen Zubair.

Dengan Mbah Moen, sapaan akrab Maimoen Zubair, Emil berkata beberapa kali bertemu langsung dan juga didoakan.

Emil juga merasa punya hubungan baik dengan elite PPP lainnya lantaran menjadi parpol pengusungnya saat bursa Pilgub Jabar. 

"Jadi saya sudah kenal baik ketua umumnya. Dan sudah pernah didoakan oleh Mbah Moen jadi kedekatannya sudah luar biasa. PPP mengusung saya Pilgub Jabar dan menjadi motor utama," ungkapnya.

3. Emil: Saya punya politik tahu diri

PPP Isyaratkan Usung Ridwan Kamil Jadi Capres 2024, Ini AlasannyaGubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan sambutan di Munas Alim Ulama. (Dok Humas PPP)

Soal kedatangannya di acara Munas Alim Ulama, Emil mengatakan sikapnya merupakan balasan atas ihtiad baik pengurus PPP yang telah memberikan undangan secara khusus. 

Ia bilang upaya yang dilakukan PPP perlu disambut dengan positif karena memberikan dampak diantara keduanya.

"Karena yang mengundang PPP. Saya tidak pilih-pilih justru saya punya politik tahu diri. Karena tahu diri maka tidak punya perahu dan tidak punya partai tentunya siapa yang mengekspresikan kebaik hatian tentunya harus dibalas dengan kebaikan juga. Ada warna dalam ideologinya tidak masalah karena berasaskan pancasila," paparnya.

Baca Juga: Partai Buruh Dihidupkan Lagi, PPP: Tak Mudah Lewati Verifikasi Parpol

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya