Puluhan Ribu Buruh Jateng Kena PHK Dijanjikan Dapat Uang Rp3,5 Juta

Asalkan punya kartu Prakerja

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjanjikan pemberian kompensasi bagi para buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak akibat pandemi virus Corona (Covid-19). 

1. Sudah ada 24.240 buruh di Jateng yang kena PHK sejak Covid-19 merebak

Puluhan Ribu Buruh Jateng Kena PHK Dijanjikan Dapat Uang Rp3,5 JutaData grafis Covid-19

Dari data Disnaker Jateng per 6 April kemarin sudah ada 191 perusahaan dengan 148.791 karyawan terdampak virus Corona. Kemudian dari jumlah tersebut, terdapat 24.240 buruh yang telah di-PHK oleh masing-masing perusahaannya.

"Saya minta teman-teman (buruh) mendaftar. Sebab, kuota Kartu Prakerja Jateng sebanyak 421.705 orang, tapi sekarang baru di pakai sama 19 ribu. Artinya belum ada 5 persennya. Jadi peluang mereka masih terbuka lebar," akunya, Rabu (8/4).

Ganjar bilang dana kompensasi akan diberikan bagi buruh yang sudah mendapatkan kartu Prakerja Jateng. Pihaknya sudah menganggarkan dana untuk Kartu Pra Kerja Jateng mencapai Rp1,49 triliun dengan kuota sebanyak 421.705 orang. 

Baca Juga: Cara Dapat Bantuan Rp3,5 Juta Bagi Buruh yang Kena PHK di Jawa Tengah

2. Ganjar janjikan buruh kena PHK dapat kompensasi Rp3,5 juta per orang

Puluhan Ribu Buruh Jateng Kena PHK Dijanjikan Dapat Uang Rp3,5 JutaData grafis Covid-19

Lebih jauh, ia menjelaskan dengan memakai kartu Prakerja Jateng, maka tiap buruh bisa mendapat berbagai fasilitas pelatihan kerja. Ganjar bilang nantinya juga ada uang senilai Rp3.550.000 yang diberikan bagi tiap buruh yang kena PHK.

Pihaknya menekankan rincian uang kompensasi itu antara lain digunakan untuk anggaran pelatihan ada Rp1 juta. Uang saku Rp2,4 juta dan masih ada tambahan uang lagi Rp150 ribu untuk dana survei kerja. 

Ganjar mengatakan dengan pencairan uang kompensasi itu, para buruh yang di-PHK tak perlu patah arang. "Jangan berkecil hati, silahkan segera mendaftar. Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa pakai masker," urainya. 

3. Buruh bisa dapat Kartu Prakerja asalkan tidak sedang menempuh pendidikan formal

Puluhan Ribu Buruh Jateng Kena PHK Dijanjikan Dapat Uang Rp3,5 JutaSetiap harinya terdapat belasan jenazah COVID-19 yang dimakamkan TPU Tegal Alur. (IDN Times/Candra Irawan)

Agar bisa mendapatkan Kartu Prakerja Jateng, katanya tiap buruh berusia minimal 18 tahun dan tidak mengikuti pendidikan formal.

Untuk jumlah pabrik di Jawa Tengah ada 23.994 dengan jumlah buruh 1.679.808 orang. Meliputi pekerja laki-laki 910.577 orang dan perempuan 769.231 orang.

"Ini program dari pemerintah pusat yang dapat dimanfaatkan. Silahkan segera mendaftar di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota atau Provinsi," tukasnya. 

Baca Juga: Ganjar Janji Beri Bantuan Rp1,4 T untuk Atasi COVID-19 di Jawa Tengah

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya