Comscore Tracker

Selama Mudik Gratis, Penumpang Kapal Diklaim Tembus 23.824 Orang

Banyak orang yang merasakan manfaat mudik gratis

Semarang, IDN Times - PT Pelindo III menyatakan layanan mudik gratis yang diselenggarakan melalui jalur laut pada tahun ini, semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Sebab, pihak perseroan mencatat terdapat lonjakan pengguna kapal laut yang memanfaatkan layanan mudik gratis sebesar 45 persen dari tahun lalu.

1. Tahun ini, Pelindo melayani mudik gratis dari empat pelabuhan

Selama Mudik Gratis, Penumpang Kapal Diklaim Tembus 23.824 OrangIDN Times/Fariz Fardianto

Doso Agung, Direktur Utama Pelindo III mengungkapkan, kapal laut yang melayani mudik gratis mengambil berbagai jurusan mulai dari Pelabuhan Kumai, Sampit, Batulicin menuju Pelabuhan Tanjung Perak dan Tanjung Emas. 

Tak cuma itu saja, Pelindo juga melayani mudik gratis dari Tanjung Perak Surabaya menuju Ambon Maluku. Menurutnya mudik gratis dari Pelindo digelar selama sepekan penuh dari 29 Mei hingga 4 Juni 2019. 

"Mudik gratis yang kami laksanakan kemarin mengalami lonjakan jumlah penumpang kapal laut. Kenaikannya sebesar 45 persen ketimbang tahun lalu. Sebanyak 23.824 orang telah memanfaatkan fasilitas mudik gratis menggunakan kapal laut," kata Doso dari keterangan yang didapat IDN Times, Selasa (26/6).

Baca Juga: Mudik Gratis Naik KA, Gubernur Ganjar Jadi Tempat Curhat Warganya

2. Terdapat puluhan ribu orang yang mendapat fasilitas mudik gratis di Jateng dan Jatim

Selama Mudik Gratis, Penumpang Kapal Diklaim Tembus 23.824 OrangIDN Times/Istimewa

Program mudik gratis dari jalur laut, lanjutnya mampu merealisasikan pembagian 2.100 lembar tiket kapal dan total 21.724 tiket bus yang berangkat dari Tanjung Perak dan Tanjung emas. Pihaknya juga mengapresiasi kerja sama apik yang terjalin antara Pelni dan Damri dalam mendukung mudik gratis tahun ini.

Terdapat 15.521 orang yang menggunakan fasilitas mudik gratis menuju ke berbagai daerah Jawa Timur mulai Sumenep, Malang, Blitar, Cepu, Trenggalek, Madiun, Magetan dan Jember. "Jumlah tersebut sudah melebihi target mencapai 55 persen," tuturnya.

Dari Tanjung Emas, pihaknya juga mendapati ada sebanyak 6.203 orang telah diantarkan secara gratis ke Tegal, Purwodadi, Purworejo, Wonosobo, Rembang, Yogyakarta, dan Solo.

"Mudik Gratis antar BUMN ini demi memberikan perjalanan mudik yang aman dan nyaman pada masyarakat, terutama penumpang kapal laut,” paparnya.

3. Pelindo tegaskan mudik gratis hasil sinergitas antar-BUMN

Selama Mudik Gratis, Penumpang Kapal Diklaim Tembus 23.824 OrangIDN Times/Fariz Fardianto

Secara umum, program mudik gratis tahun ini telah diikuti oleh 104 BUMN. Di mana jumlah tersebut naik 67 persen dibandingkan pada tahun 2018 yang hanya diikuti oleh 62 BUMN. Sementara itu, pemudik yang diberangkatkan melalui program mudik bareng BUMN 2019 melalui moda transportasi bus, kapal laut, kereta api dan pesawat udara sebanyak total 250.474 pemudik. Angka itu naik sebesar 22,69 persen dibandingkan realisasi pemudik pada 2018 sebanyak 204.146 orang.

"Selain peran BUMN sebagai agen pembangunan, program mudik gratis BUMN adalah wujud nyata kami untuk melayani masyarakat semaksimal mungkin selama momentum Lebaran," ujar Doso.

Baca Juga: Diprediksi Naik 3 Persen, Pelindo III Beri Inovasi Pelayanan Mudik

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya