Terombang-ambing di Laut, 6 ABK Selamat Dari Gulungan Ombak Ganas

Enam ABK diselamatkan nelayan Roban

Semarang, IDN Times - Kabar baik muncul dari operasi pencarian anak buah kapal (ABK) yang diyatakan hilang di perairan utara Kabupaten Pemalang. Tim gabungan SAR saat ini berhasil mengevakuasi enam ABK tugboat yang sebelumnya hilang akibat terdapu ombak setelah kapalnya menabrak karang.

1. Enam ABK ditemukan di perairan Roban jam 11 siang

Terombang-ambing di Laut, 6 ABK Selamat Dari Gulungan Ombak GanasKondisi 6 ABK tugboat setelah berhasi diselamatkan. Dok Humas Basarnas Semarang

Nur Yahya, Kepala Basarnas Semarang mengungkapkan, enam ABK itu ditemukan dengan selamat oleh seorang nelayan di perairan Roban, Kabupaten Batang.

Nelayan menemukan para korban sekitar pukul 11.00 WIB siang. 

"Enam ABK tersebut terombang-ambing menaiki lifecraft mengikuti arah angin. Kemudian jam 11.00 WIB keberadaan mereka diketahui oleh nelayan Pemalang yang kebetulan sedang mencari ikan di sekitar perairan Roban Kabupaten Batang," ujarnya dalam keterangan resmi kepada IDN Times, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga: Kapal Tugboat Digulung Ombak Ganas, 6 ABK Hilang di Perairan Pemalang

2. Enam ABK kecapekan karena terombang-ambing di lautan

Terombang-ambing di Laut, 6 ABK Selamat Dari Gulungan Ombak GanasDitpolair Polda Jateng memberikan keterangan penemuan 6 ABK tugboat. Dok Humas Basarnas Semarang

Meski begitu, pihaknya menyatakan enam ABK dalam kondisi kecapekan karena terombang-ambing di lautan lepas sejak Rabu (20/1/2021) jam 01.00 dini hari.

Pihaknya menuturkan setelah berhasil diselamatkan, nelayan di perairan Batang lalu membawa enam ABK ke Pelabuhan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan untuk mendapat perawatan lebih lanjut

"Kita sempat ke Perairan Batang untuk memastikan dan setelah tiba di lokasi benar bahwa mereka ABK yang kami cari. Kodisinya kelelahan lalu dievakuasi ke Pelabuhan Wonokerto," imbuhnya.

3. Kapal tugboat sebelumnya oleng setelah tidak kuat menarik tongkang

Terombang-ambing di Laut, 6 ABK Selamat Dari Gulungan Ombak GanasIDN Times/Toni Kamajaya

Sebelumnya diberitakan bahwa enam ABK itu dengan naik tugboat Logindo menarik tongkang.

Ketika berusaha menarik tongkang namun tidak kuat, tali tersebut putus dan tugboat hilang kendali yang lalu hanyut tenggelam.

Baca Juga: 3 Tongkang Terseret Ombak di Jateng, Sampai ke Pantai Pulau Komodo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya