Comscore Tracker

Tindaklanjuti New Normal, Siswa di Jateng Masuk Sekolah Mulai Juni

Anak-anak sekolah diajak simulasi dulu

Semarang, IDN Times - Kebijakan new normal atau kenormalan baru yang diterapkan oleh pemerintah pusat mulai ditindaklanjuti oleh sejumlah daerah. Di Jawa Tengah, para siswa sudah mulai diperbolehkan masuk sekolah pada pertengahan Juni 2020 nanti.

Kepastian terkait jadwal masuknya anak-anak sekolah itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah, Jumeri saat dikontak IDN Times, Jumat (29/5).

1. Para siswa diminta masuk sekolah saat penerimaan raport tanggal 12 Juni

Tindaklanjuti New Normal, Siswa di Jateng Masuk Sekolah Mulai JuniOrangtua Mengantar Anak Pergi Sekolah, September 2019 (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Jumeri mengatakan harus ada simulasi yang dilakukan oleh anak-anak sekolah sebelum mereka menerima pelajaran lagi di bangku sekolah.

"Buat langkah awalnya, kita sudah minta siswa dan orangtua yang masuk tahun ajaran baru agar datang terima raport per 12 Juni. Kita akan tetap memberlakukan protokol kesehatan di lingkungan sekolah sambil membuat simulasi agar siswa tidak kaget saat masuk sekolah selama pandemik," kata Jumeri.

Baca Juga: Tahun Ajaran Tidak Mundur, Begini Perbedaan PPDB di Era New Normal

2. New normal akan diterapkan beda-beda di setiap sekolah. Salah satunya pembagian shift masuk kelas

Tindaklanjuti New Normal, Siswa di Jateng Masuk Sekolah Mulai JuniIlustrasi kegiatan belajar mengajar siswa SMA. IDN Times/Ervan Masbanjar

Jumeri telah mengimbau kepada semua kepala sekolah untuk meningkatkan koordinasi dengan Disdik Jateng terkait dengan new normal. Salah satunya agar aturannya dapat serasi antara provinsi dengan kabupaten/kota.

Lebih jauh, menurutnya sistem new normal akan diterapkan berbeda-beda tergantung situasi tiap kabupaten/kota. Sebab, ia menuturkan setiap daerah punya karakteristik masyarakat yang bermacam-macam.

Pihaknya mengaku masih mengkaji mengenai kemungkinan diterapkan sistem shift bagi jadwal masuk anak-anak sekolah.

"Sistemnya sesuai kebijakan masing-masing. Bisa pakai shift-shifan dengan  selang-seling masuk sekolah, tapi harus pakai masker, dan tetap jaga jarak di ruang kelas," ujarnya.

3. Anak sekolah jalankan new normal secara efektif per bulan Juli

Tindaklanjuti New Normal, Siswa di Jateng Masuk Sekolah Mulai JuniIlustrasi Siswa SMA (IDN Times/Lazuardi Putra)

Pihaknya juga masih mendalami berbagai formula agar siswa berangkat sekolah tetap aman di tengah pandemik virus Corona. Termasuk kesehatan para siswa naik angkutan umum.

"Untuk new normal ini kita jalankan secara efektif mulai Juli atau habis libur tahun ajaran baru," paparnya.

Baca Juga: Pemerintah Akan Siapkan New Normal, Guru Besar IPB: Waktunya Tak Tepat

Topic:

  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya