Comscore Tracker

Vaksin Sinovac Bakal Dikirim ke 35 Daerah Jateng, Dikawal Ekstra Ketat

Persiapan pengiriman vaksin sudah dimatangkan

Semarang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah menyatakan dalam waktu dekat akan mendistribusikan vaksin Sinovac ke seluruh kabupaten/kota. Proses pengiriman vaksin Sinovac akan direalisasikan satu hingga dua hari ke depan.

"Segera nanti kami distribusikan, dalam waktu 1-2 hari akan kami distribusikan ke kabupaten dan kota," ungkap Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo dalam keterangan yang didapat IDN Times, Senin (4/1/2021).

1. Dinkes klaim vaksin Sinovac disimpan dalam suhu 2-8 derajat

Vaksin Sinovac Bakal Dikirim ke 35 Daerah Jateng, Dikawal Ekstra KetatIlustrasi vaksin virus corona (Website/pixabay.com/geralt-9301)

Yulianto mengklaim segala persiapan untuk mengirimkan vaksin COVID-19 saat ini sudah dimatangkan. Rantai dingin yang ia sebut sebagai sistem penyimpanan vaksin Sinovac mulai disiapkan agar nantinya saat tiba di tiap daerah dapat dikelola dengan baik.

Menurutnya vaksin Sinovac harus disimpan di dalam wadah khusus yang memiliki temperatur suhu 2-8 derajat celcius. 

"Semuanya sudah kami siapkan, jadi bisa langsung jalan termasuk rantai dinginnya karena vaksin ini harus disimpan dalam suhu 2-8 derajat," paparnya.

Baca Juga: 62.560 Vaksin Sinovac Tiba di Jateng, Nakes Divaksin 14 Januari

2. Para vaksinator dilatih untuk suntikan vaksin Sinovac

Vaksin Sinovac Bakal Dikirim ke 35 Daerah Jateng, Dikawal Ekstra KetatKondisi penyimpanan vaksin Sinovac di gudang Dinkes Semarang. Dok Humas Pemprov Jateng

Selain itu, pihaknya juga berupaya melatih para vaksinator di masing-masing daerah supaya bisa disiapkan untuk melakukan vaksinasi bagi warga Jateng. 

Sedangkan untuk kedatangan vaksin selanjutnya, pihaknya mengaku belum mengetahui lebih jauh. Kebijakan pengiriman vaksin Sinovac, ujarnya berada di tangan pemerintah pusat. Setelah kedatangan vaksin tahap pertama, pihaknya segera menata proses distribusi.

3. Sebanyak 32 karton vaksin Sinovac tiba di Semarang jam dua dini hari

Vaksin Sinovac Bakal Dikirim ke 35 Daerah Jateng, Dikawal Ekstra KetatKapolsek Ngaliyan mendampingi Gubernur Ganjar Pranowo saat meninjau gudang penyimpanan vaksin Sinovac di Tambakaji Semarang. Dok Humas Pemprov Jateng

Di sisi lain, Kapolsek Ngaliyan Kompol R Justinus mengungkapkan bila proses pengiriman vaksin ke Semarang diberi pengawalan yang ekstra ketat. Ia menegaskan, pengamanan di gudang dinas kesehatan juga ditingkatkan. 

Ia bilang dari Mabes Polri sudah menerjunkan kendaraan baracuda serta personel Brimob bersenjata lengkap untuk mengamankan pengiriman vaksin Sinovac dari pabrik Biofarma Bandung.

"Ada 32 karton berisi vaksin Sinovac dari Biofarma. Sampai di gudang Dinkes jam 02.30 dini hari tadi," pungkasnya.

Baca Juga: 15.488 Tenaga Kesehatan di Semarang akan Disuntik Vaksin Sinovac

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya