Pulang dari Amerika Serikat, Warga Salatiga Positif Virus Corona

Ia dirujuk ke RSUP Dr Kariadi Semarang

Salatiga, IDN Times - Seorang warga Salatiga, Jawa Tengah dipastikan positif terjangkit virus corona (COVID-19). Diagnosa itu muncul dari hasil uji dari Litbangkes di Jakarta. Pasien diketahui mempunyai riwayat bepergian dari Amerika Serikat.

1. Pasien langsung dibawa ke RSUP Kariadi

Pulang dari Amerika Serikat, Warga Salatiga Positif Virus CoronaSeorang pengunjung saat berada di pintu masuk RSUP dr Kariadi. IDN Times/Fariz Fardianto

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto menjelaskan apabila sebelumnya pasien tersebut sempat dirawat di RS Paru Ario Wirawan. Kini telah dipindahkan ke RSUP dr Kariadi, Semarang. Pemindahan pasien juga sudah mendapatkan izin dari pihak keluarga.

"Sekarang ada satu pasien positif (virus) corona. Keluarga yang meminta dirawat di RS Kariadi (Semarang). Kita semua berdoa agar segera diberi kesembuhan dan wabah ini segera berakhir," ungkapnya, Selasa (31/3). 

Baca Juga: 1 Warga Salatiga Alami Gejala Mirip COVID-19 Pasca Pulang Dari Amerika

2. Salatiga ditetapkan tanggap darurat virus corona

Pulang dari Amerika Serikat, Warga Salatiga Positif Virus CoronaMedium.com

Yuliyanto menambahkan saat ini daerah yang dipimpinnya sudah ditetapkan menjadi status tanggap darurat penularan virus corona. Status berlaku per hari ini atau Selasa (31/3).

Ia menginstruksikan kepada semua warga agar meningkatkan kewaspadaan terhadap wabah COVID-19 yang semakin meluas. Kota Salatiga, tambahnya, akan menerapkan social distancing dan physical distancing lebih ketat. 

"Para Forkompimda, TNI, Polri, tokoh masyarakat saya minta untuk meningkatkan kewaspadaan," bebernya. 

3. Pemkot Salatiga siapkan sembako untuk warga yang terdampak COVID-19

Pulang dari Amerika Serikat, Warga Salatiga Positif Virus CoronaPemenuhan sembako untuk warga isolasi mandiri di dua banjar Desa Denbantas. Dok.IDN Times

Kepala Dinas Sosial Salatiga, Rochadi, mengaku sudah menyiapkan bantuan sembako kepada warga terdampak status tanggap darurat virus corona. 

Jumlah bantuannya ada 5.531 paket sembako. Bantuan yang diberikan berdasar data yang sudah masuk.

"Ini segera dibagikan ke warga," ujar Rochadi. 

Baca Juga: RS Kariadi Semarang Siapkan Lantai 6 Untuk Isolasi Pasien Virus Corona

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya