Comscore Tracker

Waria Semarang Antusias Ubah Foto e-KTP, Sambut Aturan Baru Dukcapil

Delapan waria sudah ganti e-KTP

Semarang, IDN Times - Sejumlah waria yang tinggal di Kota Semarang memutuskan mengubah foto yang terpampang di dalam e-KTP miliknya. Mereka yang tergabung dalam organisasi Persatuan Waria Semarang (Perwaris) mengaku menyambut baik keputusan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang telah memperbolehkan kaum LGBT untuk mengganti identitas dirinya yang ada di e-KTP. 

"Kita beberapa hari lalu sudah datang ke kantor Disdukcapil Kota Semarang. Niatan kami memang untuk mengganti identitas dirinya. Dan teman-teman kita rata-rata meminta permohonan penggantian foto, tapi ada juga yang minta e-KTP diganti karena sudah kelihatan rusak," kata Silvi Mutiari, Ketua Perwaris ketika dihubungi IDN Times, Rabu (15/9/2021). 

1. Perwaris lega para waria sudah bisa ganti foto e-KTP

Waria Semarang Antusias Ubah Foto e-KTP, Sambut Aturan Baru DukcapilIlustrasi KTP (IDN Times/Umi Kalsum)

Silvi yang dikenal sebagai bos salon tersebut mengapresiasi upaya Disdukcapil Semarang yang proaktif membantu para waria untuk mengganti identitas e-KTP-nya. 

Walaupun penggantian baru sebatas pada fotonya saja, menurutnya langkah itu sudah bagus karena sudah ada tindak lanjut yang positif sesuai aturan anyar Dirjen Dukcapil Kemendagri. 

"Gak apa-apa yang diganti fotonya aja. Kita juga memaklumi kalau nama dan jenis kelaminnya belum bisa diganti. Karena kan pada status jenis kelamin e-KTP pilihannya hanya dua, laki-laki atau wanita. Kecuali kalau nanti ada pilihan lain misal transpuan dan sejenisnya, mungkin kita bisa mengupayakan lagi," kata Silvi. 

Baca Juga: Terbentur PPKM, Waria di Semarang Pilih Ternak Ikan Sampai Jual Beras

2. Sudah ada 8 waria yang ganti foto e-KTP di Semarang

Waria Semarang Antusias Ubah Foto e-KTP, Sambut Aturan Baru DukcapilIDN Times/Reza Iqbal Ghafari

Lebih lanjut, ia mengungkapkan sementara ini waria yang sudah mengganti foto e-KTP sekitar delapan orang. Silvi mengaku seluruh waria yang menjadi anggota Perwaris langsung merespon positif bahkan kebanyakan dari anggotanya tertarik untuk mengganti foto e-KTP-nya. 

"Seluruh anggota kita sangat tertarik untuk melakukan hal yang sama. Karena kan kita sebagai komunitas transgender selama ini kesulitan memperoleh bansos dan kebutuhan administrasi lainnya. Soalnya identitas diri dengan penampilan mereka kan berbeda. Tentunya menimbulkan persoalan juga kalau e-KTP kita tidak diperbaharui," terangnya. 

3. Waria bisa ganti foto e-KTP di setiap kantor Disdukcapil

Waria Semarang Antusias Ubah Foto e-KTP, Sambut Aturan Baru DukcapilANTARA FOTO/Seno

Bagi waria yang tinggal di luar Semarang, Silvi menyarankan supaya datang langsung ke kantor Disdukcapil masing-masing daerah. "Kalau buat kita, persoalannya hanya di birokrasinya. Karena kan ada teman yang rumahnya di Yogyakarta, Padang dan daerah lainnya. Tapi secara keseluruhan kita sudah lega," terangnya. 

4. Dispermadescapil Jateng: Waria hanya bisa ganti foto e-KTP

Waria Semarang Antusias Ubah Foto e-KTP, Sambut Aturan Baru Dukcapil(Ilustrasi transpuan. Kontes Ratu Kebaya Waria Peduli AIDS) FOTO ANTARA/Ismar Patrizki

Sedangkan, menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pencatatan Sipil (Dispermadescapil) Jateng, Sugeng Riyanto juga membenarkan adanya kalangan waria yang telah mengganti foto e-KTP-nya. 

Ia menyampaikan setiap LGBT terutama waria sudah bisa dilayani mengubah identitas e-KTP sesuai aturan yang dibuat oleh Kemendagri. 

"Sah-sah saja mereka mengubah identitas e-KTP-nya. Cuman kalau mau mengubah seluruh nama dan jenis kelaminnya, setiap waria musti melengkapi dokumen keputusan dari pengadilan. Karena mengubah seluruh data e-KTP harus menempuh sidang di pengadilan. Kalau mau mengubah foto e-KTP justru gampang. Tinggal mengubah penampilannya yang awalnya laki-laki menjadi perempuan," bebernya saat dikontak IDN Times. 

5. Semua kalangan LGBT di Jateng diizinkan urus perubahan e-KTP-nya

Waria Semarang Antusias Ubah Foto e-KTP, Sambut Aturan Baru DukcapilIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Soal berapa banyak LGBT yang sudah mengubah e-KTP, Sugeng mengaku belum mengetahuinya. Sebab, di tingkat kabupaten/kota proses perubahan e-KTP susah didata ulang mengingat kewenangannya sudah berada di tangan Disdukcapil masing-masing daerah. 

"Data pastinya berapa LGBT yang ganti e-KTP di Jawa Tengah, kita gak tahu jumlahnya. Ya kita mengajak semua komunitas transgender, waria, transpuan agar mengubah e-KTP supaya mudah mengurus segala hal," tandasnya. 

Baca Juga: Kejar Pemotor Sampai Terjatuh, Polantas di Semarang Diperiksa Propam

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya