Comscore Tracker

10 Titik Prioritas Gibran Untuk Pembangunan di Solo Tahun Ini 

Ada proyek hadiah untuk Presiden Jokowi dari Pangeran Arab.

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengunggah ‘10 Titik Prioritas Pembangunan Kota Solo’ melalui Channel Gibran TV. Sepuluh program tersebut merupakan proyek besar Gibran ke depan.

Salah satu proyek besar yang diunggah adalah pembangunan Masjid Raya Al Zayed dan Islamic Center.

Proyek tersebut merupakan hibah dari Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan untuk Presiden Joko Widodo. Proyek tersebut bahkan menelan anggaran hingga miliaran rupiah.

Baca Juga: Fakta Pelat Nomor Cantik Mobil Jan Ethes Anak Gibran, Pajak Rp13 Juta

1. Masjid Raya Sheikh Zayed

10 Titik Prioritas Gibran Untuk Pembangunan di Solo Tahun Ini Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Masjid ini merupakan hibah dari Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan untuk Presiden Joko Widodo.

Masjid Raya Al Zayed menempati lokasi bekas SPBU Pertamina di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Gilingan. Saat ini progres pembangunan memasuki tahap akhir atau finishing. Masjid ini digadang-gadang sebagai replika masid raya Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Selain membawa nilai-nilai Keislaman, Gibran mengatakan, bangunan ikon religi ini akan membawa dampak ekonomi bagi Kota Solo. Masjid tersebut rencananya akan selesai pada bulan Agustus 2022 mendatang

2. Pembangunan Islamic Center.

10 Titik Prioritas Gibran Untuk Pembangunan di Solo Tahun Ini pixabay.com/chiplanay

Proyek ini masih rangkaian dari proyek pembangunan Masjid Raya Al Zayed. Proyek yang lokasinya tak jauh dari masjid ini juga merupakan hibah dari Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan.

Gibran mengatakan Islamic Center tersebut nantinya digunakan sebagai pusat pendidikan dan pengajaran Islam. “Tempat ini nantinya bisa menjadi pusat pendidikan dan pengajaran Islam. Akan ada TPA, tafsir Quran, Madrasah, hingga pengembangan ekonomi syariah,” kata Gibran.

3. Pembagunan rel layang terpanjang di Indonesia.

10 Titik Prioritas Gibran Untuk Pembangunan di Solo Tahun Ini Rel Layang Simpang Joglo, Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Saat ini pbangunam Eleveted Rail sudah mulai dibangun di Simpang Tujuh Joglo, Solo.

Rel layang ini akan menjadi rel layang terpanjang di Indonesia yang dibiayai pemerintah pusat dengan anggaran hampir satu triliun rupiah.

Pembangunan proyek multi years ini diharapkan bisa mengurai kemacetan dan mengangkat perekonomian di Solo utara.

4. Revitalisasi Solo Techno Park

10 Titik Prioritas Gibran Untuk Pembangunan di Solo Tahun Ini Solo Techno Park. IDNTimes/Larasati Rey

Renovasi Solo Techno Park yang berlokasi di belakang Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tersebut diharapkan bisa menjadi pusat pengembangan UMKM.

“Disini nanti ada pelatihan cyber scurity, pelatihan garming, pusat research and development produk buatan Indonesia,” terang Gibran.

5. Revitalisasi Ngarsapura dan Jalan Gatot Subroto.

10 Titik Prioritas Gibran Untuk Pembangunan di Solo Tahun Ini Kawasan jalan Gatot Subroto, Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Kawasan Ngarsapura yang ada di depan Pura Mangkunegaran menjadi sasaran revitalisasi. Putra Presiden Jokowi ingin menjadikan kawasan tersebut destinasi wisata baru seperti halnya Jalan Malioboro di Yogyakarta.

Nantinya proyek yang dibangun eh Kementrian PUPR tersebut akan disambungkan dengan Jalan Gatot Subroto di sisi selatan. Selain menjadi lokasi wisata, di kawasan tersebut juga akan menjadi salah satu destinasi wisata malam baru di Kota Solo.

6. Revitalisasi kebun binatang Jurug.

10 Titik Prioritas Gibran Untuk Pembangunan di Solo Tahun Ini Desain TSTJ Jurug. Dok/Gibran Rakabuming

Kebun Binatang Jurug atau TSTJ di sisi timur sungai Bengawan Solo akan mengalami perombakan total. Berkerjasama dengan PT Safari Indonesia, kebun binatang tersebut akan disulap menjadi kebun binatang modern dan lengkap dengan wahana permainan dan atraksi satwa.

Tak hanya itu, hewan- hewan nantinya akan ditrmpatkan sesuai dengan habitat aslinya. Proyek pembangunan TSTJ sendiri rencananya akan digarap mulai bulan Juni 2022 mendatang.

7. Revitalisasi Shelter Manahan.

10 Titik Prioritas Gibran Untuk Pembangunan di Solo Tahun Ini Shelter PKL Stadion Manahan Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Kawasan Stadion Manahan di sisi utara dan barat memang dikelilingi selter PKL, terutama kuliner. Menjelang pelaksanaan piala dunia 2023, kawasan tersebut akan dibersihkan. Hanya sisi barat di Jalan KS Tubun yang masih dipertahankan.

“Perencanaan penataan Shelter Manahan sebagai ruang publik yang lebih tertata dan modern, sehingga lebih nyaman untuk aktivitas olahraga,” kata Gibran.

8. Revitalisasi lokananta.

10 Titik Prioritas Gibran Untuk Pembangunan di Solo Tahun Ini Studio Lokananta Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Lokananta merupakan salah satu perusahaan rekaman musik (label) milik negara pertama di Indonesia. Pernah merekam lagu Indonesia Raya, Lokanan yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kerten, Solo ini akan ada penambahan fasilitas pendukung pementasan musik, baik indoor maupun outdoor.

Serta sarana dan prasarana kegiatan rekreasi dan edukasi mengenai perkembangan musik dan ragam koleksi Lokananta.

9. Revitalisasi Taman Balekambang.

10 Titik Prioritas Gibran Untuk Pembangunan di Solo Tahun Ini Google searching

Kawasan wisata Balekambang akan ditata menjadi pusat kebudayaaan Jawa. Penataannya meliputi perbaikan dan penambahan fasilitas rehabilitasi
gedung kesenian, ruang parkir, area Partini Tuin dan art work area open stage.

“Kita telah menyiapkan masterplan penataannya meliputi perbaikan dan penambahan fasilitas. Destinasi ini siap diadu dengan Borobudur,” tandasnya.

10. Revitalisasi Pasar Mebel.

10 Titik Prioritas Gibran Untuk Pembangunan di Solo Tahun Ini Pasar Mebel di Solo terbakar, Selasa (03/05/2022). (IDN Times/Larasati Rey)

Pasar mebel Ngemplak Gilingan akan direlokasi ke Bekas Bong Mojo Jebres. Lokasi pasar mebel saat ini akan digunakan umtuk sentra IKM.

Menurut Gibran, revitalisasi dimaksudkan untuk peningkatan kualitas mebel sekaligus menjadikannya sebagai pusat mebel layak ekspor.

Baca Juga: Pembangunan Elevated Rail Simpang Joglo, Gibran Siapkan Tim Penertiban

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya