2.424 Bilik Suara Tiba di KPU Solo, Bakal Disebar ke Ribuan TPS

Untuk kebutuhan Pilkada Solo.

Solo, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo menerima logistik Pilkada Solo sebanyak 2.424 bilik suara berbahan karton duplek. Selain bilik suara, KPU juga menerima ribuan alat pelindung diri (APD) bagi petugas PPK, KPPS dan anggota KPU.

Baca Juga: Garuda Buka Rute Baru Solo-Denpasar, Harga Tiket Mulai Rp540 ribuan

1. Merupakan pengadaan baru

2.424 Bilik Suara Tiba di KPU Solo, Bakal Disebar ke Ribuan TPSBilik suara di KPU Solo. Dok/KPU Solo

Komisioner Bidang Perencanaan Data dan Infoermasi KPU Solo, Kajad Pamuji Joko Waskito mengatakan 2.424 bilik suara yg diterima merupakan hasil pengadaan baru untuk Pilkada Solo tanggal 9 Desember mendatang.

"Sebanyak 2.424 bilik suara tiba di kantor KPU Rabu kemarim. Bilik suara ini merupakan pengadaan baru," ujar Komisioner KPU Kota Solo, Bidang Perencanaan Data dan Informasi, Kajad Pamuji Joko Waskito, Minggu (15/11/20).

2. Disebar ke 1.231 TPS

2.424 Bilik Suara Tiba di KPU Solo, Bakal Disebar ke Ribuan TPSPerlengkapan APD di KPU Solo. Dok/KPU Solo

KPU Solo sendiri membutuhkan 6.155 bilik suara yang nantinya akan disebar ke 1.231 tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Solo. Sebelumnya KPU telah memiliki 3.731 bilik suara yang merupakan stok lama. Dengan ditambahnya 2.424 bilik suara baru diharapkan bisa mencukupi kebutuhan bilik suara di Kota Solo.

"Pilwakot Solo terdapat 1.231 TPS. Setiap TPS kami berikan lima bilik suara," jelasnya.

3. Terima ribuan losgistik APD

2.424 Bilik Suara Tiba di KPU Solo, Bakal Disebar ke Ribuan TPSFoto hanya ilustrasi APD. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Selain itu, guna menerapkan protokol kesehatan, KPU Solo juga menerima logistik APD berupa 1.400 botol cairan disinfektan dan 3.000 ember cuci tangan. Serta beberapa alat lainnya seperti, thermo gun, kantong sampah, dan sarung tangan plastik.

"Surat suara baru naik cetak pada tanggal 16 september. Terkait logistik seperti paku, kotak suara, tinta, dan kertas suara masih dalam proses pengiriman," pungkasnya.

4. Tetapkan 418.283 DPT

2.424 Bilik Suara Tiba di KPU Solo, Bakal Disebar ke Ribuan TPSIlustrasi kotak suara. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Sebelumnya KPU Solo telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pilkada Kota Solo 2020 sebanyak 418.283. Jumlah tersebut merupakan hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSH) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dihadiri tim pemenangan Gibran-Teguh dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) serta Bawaslu.

“Jumlah DPT tersebut pemilih laki-laki sebanyak 202.933 orang dan perempuan sebanyak 215.350 orang,” pungkas Kajad.

Baca Juga: Pede Maju Pilkada 2020 di Solo, Jika Gagal Gibran Jadi Pengusaha Lagi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya