Comscore Tracker

Akad Nikah 30 Menit di Solo, Adik Jokowi Minta Mahar Jam Tangan

Jalan di sekitar lokasi pernikahan tidak ditutup

Surakarta, IDN Times - Pernikahan adik Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Idayati dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman dilangsungkan di gedung Graha Saba Buana, Solo, Kamis (26/5/2022). Anwar memberikan mahar atau maskawin kepada Idayati, salah satunya adalah jam tangan.

1. Anwar Usman beri dua maskawin

Akad Nikah 30 Menit di Solo, Adik Jokowi Minta Mahar Jam TanganKepada KUA Banjarsari, Surakarta, Arba'in Basyar. (IDN Times/Larasati Rey)

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari Solo, Arba’in Basyar mengatakan, maskawin pernikahan Idayati dan Anwar Usman berupa seperangkat alat salat dan jam tangan. Meski demikian, ia tak merinci kedua barang tersebut.

”Insyaallah (maskawinnya) seperangkat alat salat dan jam tangan. Tapi kalau (jam tangan) merek apa dan harganya berapa, kami kurang tahu. Sebab yang dicantumkan hanya jenis barangnya saja,” katanya saat ditemui IDN Times, Selasa (24/5/2022).

Arba'in menyebutkan, jika maskawin tersebut merupakan permintaan dari pihak mempelai wanita.

”Saya kurang tahu, tapi di sini tulisannya seperti itu, tapi itu lazim bagi mempelai wanita meminta mahar,” katanya.

2. Akad nikah berlangsung 30 menit

Akad Nikah 30 Menit di Solo, Adik Jokowi Minta Mahar Jam TanganDekorasi pelaminan adi Jokowi, Idayati dan Anwar Usman di gedung Graha Saba Buana. (IDN Times/Larasati Rey)

Prosesi akad nikah akan berlangsung selama sekitar 30 menit, pada Kamis (26/5/2022).

Arba'in menjelaskan tahapannya yaitu mulai dari pembukaan, penyerahan mas kawin, pembacaan ayat suci Alquran, khotbah nikah, akad nikah, pembacaan sighat taklik--yang dibacakan oleh suami sesudah akad nikah--.

”Terakhir baru penandatanganan buku nikah, penyerahan buku nikah dan prosesi selesai,” ucapnya.

Untuk diketahui, akad nikah Idayati dan Anwar Usman dilaksanakan di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Kamis (24/5/2022), pukul 09.00 WIB. Dalam pernikahan ini, Presiden Jokowi bertindak sebagai wali nikah dari pihak Idayati.

Sementara saksi pernikahan mereka, masing-masing adalah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dari pihak perempuan dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dari pihak mempelai laki-laki.

3. Tak ada penutupan jalan selama acara pernikahan

Akad Nikah 30 Menit di Solo, Adik Jokowi Minta Mahar Jam TanganLalu lintas di Jalan Letjen Suprapto, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dari pantauan IDN Times di lokasi pernikahan, sejumlah personel baik TNI dan Polisi bersiap mengamankan lokasi pernikahan. Mereka akan melakukan gladi bersih pengamanan pada Rabu (25/5/2022).

Tak hanya itu, simulasi penerimaan tamu VVIP juga digelar oleh aparat sejak Rabu Pagi hari. Perwakilan dari keluarga Presiden Jokowi, Antok Ariyanto mengatakan, jika persiapan pernikahan sudah hampir 100 persen.

Ia menjelaskan, keluarga Idayati sedang mengelar pengajian di rumah, sehari menjelang pernikahan atau pada Rabu (25/5/2022). Anto juga menyampaikan bahwa selama pelaksanaan pernikahan, lalu lintas di Jalan Letjen Suprapto Solo tidak akan ditutup.

"Persiapan mendekati 100 persen, keluarga lewat undangan semua. Hari ini pengajian dan gedungnya sudah siap," ujarnya saat ditemui di gedung Graha Saba Buana, Solo.

Baca Juga: Dekorasi Pernikahan Idayati dan Anwar Usman Jawa Klasik, Joglo Lengkap

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya