Bakar Wanita di Sukoharjo, Kaki Pelaku Pembunuhan Ikut Tersambar Api

Sempat tutupi luka di bagian kaki

Sukoharjo, IDN Times - Eko Prasetyo (30) tersangka kasus pembunuhan wanita terbakar di dalam mobil diketahui bernama Yulia (42),  mengalami luka bakar di bagian kaki. Luka tersebut didapat saat pelaku hendak menghilangkan barang bukti dengan cara membakar mobil dan Yulia di halaman toko bangunan Mekar Jaya, Desa Sugihan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah pada Selasa (27/10/20) malam.

Baca Juga: Pelaku Pembakar Wanita Dalam Mobil di Sukoharjo Habisi Korban Gara-gara Utang Rp145 Juta

1. Luka bakar di kaki

Bakar Wanita di Sukoharjo, Kaki Pelaku Pembunuhan Ikut Tersambar ApiPelaku pembunuhan wanita dibakar di dalam mobil di Sukoharjo, Jawa Tengah. IDNTimes/Larasati Rey

Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan dalam pra-rekontruksi tersebut diperagakan adegan dimana Eko membakar jasad Yulia sebagai upaya untuk menghilangkan jejak kejahatan.

Saat memyiramkan bensin dan membakar korban, pelaku mengalami luka bakar di bagian kaki sebelah kiri, tepatnya di bagian depan. "Di lokasi kejadian ini tersangka juga mengalami luka bakar di bagian kaki setelah menyiramkan bensin ke tubuh korban dan membakarnya," ujarnya Rabu (27/10/20).

Dalam kondisi luka Eko kemudian berjalan menuju sebuah bank yang lokasinya tak jauh dari tempat kejadian. Ia menunggu temannya untuk menjemput dan membawanya pulang.

2. Mengaku spontan bakar jasad Yulia

Bakar Wanita di Sukoharjo, Kaki Pelaku Pembunuhan Ikut Tersambar ApiBarang bukti pembunuhan wanita dibakar di dalam mobil di Sukoharjo, Jawa Tengah. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Sukoharjo, AKP Muhammad Alfan mengatakan jika pelaku mengaku kebingungan dengan jasad korban usai dihabisi di kandang ayam miliknya. Pembakaran jasad tersebut dilakukan secara spontanitas.

"Pembakaran dilakukan secara spontanitas karena pelaku sempat kebingungan setelah membunuh korban," jelasnya.

3. Dilakukan secara sadar

Bakar Wanita di Sukoharjo, Kaki Pelaku Pembunuhan Ikut Tersambar ApiPelaku pembunuhan wanita dibakar di dalam mobil di Sukoharjo, Jawa Tengah. IDNTimes/Larasati Rey

Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan kejiwaan pelaku Eko Prasetyo dinyatakan sehat saat membunuh dan membakar Yulia. Hal tersebut terungkap saat pelaku menjalani pemerikasaan kejiawan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ir Soekarno Sukoharjo. Dari hasil memerikasaan tersebut, dinyatakan jika Eko terkonfirmasi tidak mengalami gangguan jiwa.

"Hasilnya telah kami terima bahwa tersangka sehat dan tidak ada indikasi mengalami gangguan kejiawaan,: ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, pelaku Eko Prasetyo membunuh korbanya Yulia dikandang ayam miliknya, motif pembunuhan tersebut lantaran hutan piutang dan pelaku ingin menguasai harta korban. Yulia yang tak lain adalah rekan bisnisnya dihabisi di kandang ayam, Yulia dipukul sebanyak tujuh kali dengan menggunakan linggis. Kemudian jasadnya dibakar di dalam mobil Daihatsu Xenia nopol AD 1526 EA yang terparkir di halaman Toko Bangunan Mekar Jaya, Desa Sugihan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah pada Selasa (27/10/20).

Baca Juga: Dibakar! Pembunuhan Wanita di Sukoharjo Direncanakan Sehari Sebelumnya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya