Comscore Tracker

Dicetak Terbatas, Makna Desain Kartu Multi Trip KRL Edisi Khusus Solo

Harganya Rp30 ribu bisa dibeli di 11 stasiun

Solo, IDN Times - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) selaku operator Kereta Rel Listrik (KRL) Solo-Yogyakarta bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melaunching Kartu Multi Trip (KMT) edisi Khusus Solo. Lauching digelar Stasiun Solo Balapan, Kamis (8/4/21).

Baca Juga: Jadwal KRL Solo - Jogja Terbaru dan Prameks, Operasi Mulai 10 Februari

1. Hanya dicetak 1000 kartu

Dicetak Terbatas, Makna Desain Kartu Multi Trip KRL Edisi Khusus SoloKartu Multi Trip Edisi Khusus Solo.IDNTimes/Larasati Rey

Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari mengatakan Kartu Multi Trip edisi Khusus Solo ini merupakan yang kedua yang terinspirasi dari wilayah Yogyakarta-Solo. Sebelumnya, pada Oktober 2020 pihaknya telah menerbitkan Kartu Multi Trip edisi Khusus Yogyakarta.

Ia mengungkap alasan diluncurkannya Kartu Multi Trip (KMT) edisi khusus Solo sebagai bentuk aspirasi pada masyarakat yang sangat antusias naik KRL Solo-Yogyakarta setiap hari. Total ada sebanyak 1.000 KMT.

“Harga Kartu Multi Trip edisi khusus Solo Rp30.000, sudah termasuk saldo Rp 10.000,” kata dia.

2. Desain penuh filosofi sejarah

Dicetak Terbatas, Makna Desain Kartu Multi Trip KRL Edisi Khusus SoloWali Kota Solo Gibran Rakabuming melaunching Kartu Multi Trip Edisi Khusus Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Mukti menambahkan KMT edisi khusus ini menggunakan unsur landmark Kota Solo dengan mengangkat suasana lokal penuh makna. Ia menjalaskan jika warna biru yang mendominasi bagian depan kartu diambil dari identitas warna Keraton Kasunanan Surakarta, sedangakan warna hijau dan kuning pada belakang kartu diambul dari identitas warna Pura Mangkunegaran.

"KMT ini sangat bernuansa Solo, warna biru dari Keraton Kasunanan Surakarta, hijau kuning dari Pura Mangkunegaran," ungkapnya.

Bagi penumpang yang mau membeli KMT edisi khusus ini bisa membelinya di 11 stasiun sepanjang Solo-Yogyakarta. KMT ini dijual dengan harga Rp30.000,- dengan isi saldo sebesar Rp 10.000,- per kartu.

3. Mempercepat pemulihan ekonomi

Dicetak Terbatas, Makna Desain Kartu Multi Trip KRL Edisi Khusus SoloWalikota Solo Gibran Rakabuming melalui elektronik Gate di Solo Balapan.IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengapresiasi adanya KMT bernuansa Kota Solo tersebut. Ia juga memuji PT KCI yang telah menyediakan KRL Solo-Jogja sehingga memudahkan mobilitas warga. Ia berharap adanya KRL tersebut bisa mendokngkrak perekonomian dan wisata di kedua kota tersebut.

"Tadi kita lihat naik KRL sekarang nyaman, enak, adem juga. Kita berharap ini bisa mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi ini, yang jelas saya tidak akan mempersulit mobilitas warga, silahkan kalau maj berpergian Solo-Jogja silahkan, asalkan protokol kesehatannya dijaga," pungkasnya.

Baca Juga: Ingin Ikut Uji Coba Naik KRL Solo-Jogja? Ini Caranya

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya