Diundang Pas Naik Tahta di Solo, Begini Sosok GPH Bhre di Mata Gibran

Direncanakan hadir saat upacara Jumenengan (naik tahta).

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyambut baik penetapan Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai Kanjeng Gusti Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X, Pura Mangkunegaran. Gibran mengaku akan menemui Bhre dalam waktu dekat.

1. Berharap bisa bersinergi dengan Pemkot Solo

Diundang Pas Naik Tahta di Solo, Begini Sosok GPH Bhre di Mata GibranKGPAA Purboyo (kiri) dan GPH Bhre Cakrahutomo (kanan) saat upacara pelepasan jenazah KGPAA Mangkunegara X. (IDNTimes/Larasati Rey)

Ihwal penetapan Bhre sebagai penguasa Pura Mangkunegaran, Gibran mengaku jika sebelumnya sudah beberapa kali berkomunikasi jarak jauh dengan Bhre. Menurutnya, dalam beberapa kali pembicaraan, Gusti Bhre kerap menyampaikan konsep pengembangan wisata di Pura Mangkunegaran.

Gibran berharap, ke depan ada sinergi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta dengan Pura Mangkunegaran.

“Saya menyambut baik, semoga kedepannya bisa bersinergi dengan Pemkot Solo,” ujar Gibran, Rabu (2/02/2022).

Baca Juga: GPH Bhre Jadi Mangkunegara X, Calon Lain Kaget

2. Gusti Bhre dinilai sebagai orang yang kreatif

Diundang Pas Naik Tahta di Solo, Begini Sosok GPH Bhre di Mata GibranGibran Rakabuming bertemu GPH Bhre Cakrahutomo. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Gibran telah membuat janji untuk bertemu dengan Gusti Bhre. Namun, hingga berita ini dibuat, Gusti Bhre tengah berada di Jakarta.

“Gusti Bhre ini orangnya kreatif sekali. Ketika ketemu terakhir, beliau sudah ada konsep-konsep membangun pariwisata di Mangkunegaran,” katanya.

Tak hanya calon penguasa Mangkunegaran, Gibran juga mengagendakan pertemuan yang sama dengan putra mahkota Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Purbaya.

Pertemuan dengan Purbaya, dikatakan Gibran, bakal membicarakan soal revitalisasi keraton peninggalan dinasti Mataram Islam itu.

“Pasti membahas itu (revitalisasi keraton), yang penting itu,” tandasnya.

3. Gibran akan hadiri upacara naik tahta

Diundang Pas Naik Tahta di Solo, Begini Sosok GPH Bhre di Mata GibranPura Mangkunegara. (IDN Times/Larasati Rey)

Ditanya soal kehadirannya saat Jumenengana Dalem (naik tahta) KGPAA Mangkunagara X pada tanggal 12 Maret 2022, Gibran mengaku telah menerima undangan. Ia berencana hadir usai menghadiri rakor bersama Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengenai penyelenggaraan ASEAN Paragames di Jakarta.

Gibran berharap rakor tersebut selesai sebelum acara di Pura Mangkunegaran.

“Saya usahakan datang, tapi ke Jakarta dulu, ada rakor dengan pak Menpora. Sudah dapat undangan, Gusti Bhre dua hari lalu telpon saya juga, menyampaikan undangan,” akunya.

Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo secara resmi ditetapkan sebagai penerus tahta di Pura Mangkunegaran Solo. Penunjukan Bhre dilakukan Gusti Kanjeng Putri (GKP) Mangkunegara IX dan diumumkan di Pendopo Pura Mangkunegaran, Selasa (1/03/2022). Upacara Jumenengan dilakukan 12 Maret 2022.

Baca Juga: Profil GPH Bhre Cakrahutomo, Mangkunegara X Baru: Millennial dari UI

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya