Fakta Taman Pracima Tuin Pura Mangkunegaran, Wisata Baru Kota Solo

Bisa menikmati sajian khas kuliner ala Mangkunegaran.

Taman Pracima Tuin yang berlokasi di kompleks Pura Mangkunegaran Solo, merupakan bekas peninggalan era Pemerintahan KGPAA Mangkunegara VII atau sekitar 1920 tahun lalu.

Kini lokasi taman tersebut resmi dibuka oleh KGPAA Mangkunegara X, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dengan pemukulan gong dan penyalaan air mancur yang berada di tengah kolam.

Taman tersebut digadang-gadang sebagai salah satu destinasi wisata baru di Kota Solo, sekigus sebagai pusat kebudayaan.

Baca Juga: Baru! Taman Pracima Tuin Buka Maret 2023, Tempat Wisata di Solo Guys

1. Wujudkan misi KGPAA Mangkunegara VII.

Fakta Taman Pracima Tuin Pura Mangkunegaran, Wisata Baru Kota SoloPembukaan Taman Pracima Tuin Pura Mangkunegaran. (IDN Times/Larasati Rey)

Peresmian Taman Pracima digelar pada Sabtu (21/1/2023), dalam peresmian tersebut dihadiri juga oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, anggota DPR RI Aria Bima, Kaesang Pangarep beserta istri Erina Gudono dan tamu undangan lainnya.

KGPAA Mangkunegara X mengatakan hadirnya Taman Pracima Tuin ini menjadi fondasi, motivasi untuk mengbangkan Pura Mangkunegara. Ia mengakui jika keberadaan dan perkembangan Pura Mangkunegaran tak lepas dari perjuangan para penguasa sebelumnya.

"Taman Pracima merupakan langkah awal untuk mewujudkan visi itu. Bagaimana apa yang telah dibangun oleh leluhur kami eyang Mangkunegara ke VI dan VII hari ini kita coba upayakan untuk hidup kembali sebagai ruang kebudayaan dari Mangkunegaran untuk masyarakat," kata Mangkunegara X.

2. Pengunjung masih dibatasi, dan hanya melalui reservasi.

Fakta Taman Pracima Tuin Pura Mangkunegaran, Wisata Baru Kota SoloTaman Pracima Tuin Pura Mangkunegaran. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, KGPAA Mamgkunegara X mengatakam Taman Pracima merupakan salah satu wadah untuk mewujudkan visi Pura Mangkunegaran dalam mendekatkan kepada masyarakat. Ia berharap Taman Pracima ke depan bisa menjadi pusat dan wadah kebudayaan serta menjadi tempat pengenalan kebudayaan Mangkunegaran kepada masyarakat. Baik itu di bidang kuliner, busana, kesenian dan sebagainya.

"Oleh sebab itulah hari ini merupakan momen yang sangat membanggakan dan juga membahagiakan bagi kami seluruh keluarga, kerabat, abdi dalem, saya secara pribadi dan para insan praja Mangkunegaran karena telah menandai suatu langkah awal dari Pura Mangkunegaran mewujudkan visi untuk membangun wadah dan jembatan untuk mempertemukan antara masyarakat dengan Mangkunegaran," ungkapnya.

Meski sudah dibuka, KGPAA Mangkunegara X masih akan membatasi pengujung yang ingin masuk ke kawasan taman. Ia mengatakan pengujung yang masuk bisa melalui resevasi terlebih dahulu. Pihaknya juga menyiapkan akun instagram khusus yakni @pracimatuin.mn untuk memberikan informasi seputar Taman Pracima.

"Ini masih kita batasi, sebelum nanti di bulan Maret dibuka grand openningnya, ini tadi masih soft opening. Kita disini ingin fokuskan ke restorannya, jadi masyarakat yang ingin merasakan masakan khas Pura Mangkunegaran bisa datang kesini, seperti ada Brabus hingga Dedeng Age yang merupakan makanan kesukaan Raja-Raja Pura Mangkunegaran terdahulu," jelasnya.

3. Sajikan kuliner khas Pura Mangkunegran.

Fakta Taman Pracima Tuin Pura Mangkunegaran, Wisata Baru Kota SoloApem, makanan khas Pura Mangkunegaran. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti memuji masakan yang dihidangkan oleh Pura Mangkunegaran dalam pembukaan Taman Pracima Tuin tersebut. Menurutnya, makanannya enak dan banyak belum pernah mencobanya.

"Semua makananya enak tadi ada dawer telasih dan lainnya, saya berharap ini bisa terus dilestarikan," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut mengaku ada beberapa makanan yang baru ia coba. Menurutnya semua makanan yang disajikan enak, dan memiliki cita rasa tersendiri.

"Enak-enak semua tadi ada apa tadi daging ayam dibungkus sayuran juga, tapi saya tidak makan sayuran, makan dagingnnya aja," jelasnya.

Adapun menu makanan yang disajikan dalam pembukaan Taman Praciman diantaranya ada; Brabus, Sop Jamur Kenthel, Selad Huzarensla, Dendeng Age, Kunir Asam, Jeruk Kolang-Kaling, dan Es Dawet Telasih.

Baca Juga: Taman Pracima Tuin, Ikon Wisata Baru di Pura Mangkunegaran Solo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya