Comscore Tracker

Gibran Blusukan ke Rutan Solo, Dihadiahi Kaos Hingga Beli Lukisan

Beri apresiasi kepada produksi garmen warga binaan.

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, melakukan blusukan di Rutan Kelas 1A Surakarta, Rabu (15/9/2021). Dalam blusukan tersebut Gibran menyerahkan bantuan obat-obatan dan vitamin, serta meninjau produksi garmen dari warga binaan.

Baca Juga: Nadiem dan Gibran Angkat-angkat Meja saat Tinjau PTM di Solo

1. Gibran beri apresiasi keterampilan yang dimiliki warga binaan

Gibran Blusukan ke Rutan Solo, Dihadiahi Kaos Hingga Beli Lukisanwalikota Solo Gibran Rakabuming blusukan ke Rutan Klas I Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Gibran didampingi oleh Kepala Rutan Kelas I Solo Urip Dharma Yoga berkeliling ke area produksi garmen. Dalam kesempatan tersebut Gibran mengapresiasi keterampilan warga binaan dalam memotong rambut, menjahit, mensablon, membuat logo, hingga melukis.

“Ini sangat luar biasa. Penghuni rutan sudah dilatih sama BLK. Sekarang mereka menggarap orderan banyak. Seragam, kaos, goody bag, jumlahnya ribuan, luar biasa sekali,” ujarnya.

2. Dua kali blusukan ke Rutan

Gibran Blusukan ke Rutan Solo, Dihadiahi Kaos Hingga Beli Lukisanwalikota Solo Gibran Rakabuming blusukan ke Rutan Klas I Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Gibran mengaku pernah mengunjungi rutan tersebut pada Maret lalu. Ia menceritakan kondisi produksi garmen di rutan yang jauh berbeda dengan saat ini.

"Saya dulu sudah pernah ke sini mesin jahitnya sudah ada tapi memang belum produksi seperti ini. Hari ini saya datang lagi ke sini ini sudah luar biasa sekali penghuni rutan sudah dilatih oleh BLK. Tadi sudah ada sertifikat latihannya juga," katanya.

“Warga binaan di sini produktif semua. Dan nanti ketika keluar modal wira usaha atau melamar kerja di pabrik-pabrik atau perusahaan. Apresiasi sekali untuk pak Kalapas, benar-benar mendukung warga binaan di sini untuk lebih baik ke depan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas I Solo Urip Dharma Yoga menambahkan, pihaknya bekerjasama dengan PT Amura Pratama dan BLK Surakarta dalam membekali warga binaan dengan keterampilan garmen.

“Saat ini mereka mengerjakan ribuan pakaian, celana, kaos dan lainnya. Semua pesanan dari Bandung dan Tangerang,” pungkas dia.

3. Dihadiahi kaos dan beli lukisan

Gibran Blusukan ke Rutan Solo, Dihadiahi Kaos Hingga Beli LukisanWalikota Solo Gibran Rakabuming dihadiahi kaos saat berkunjung di Rutan Klas 1A Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Dalam blusukan tersebut, Gibran juga dihadiahi kaos lengan panjang dengan gambar dirinya. Kaos tersebut merupakan hasil produksi waega binaan.

Selain kaos, Gibran juga membeli dua buah lukisan warga binaan. Lukisan tersebut bergambar Loji Ganrdung dan satu lukisan abstrak.

Baca Juga: Gibran Balas Sanjungan Anies: Beliau Itu Kepala Daerah yang Sukses

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya