Gibran Libatkan Para Tokoh Persiapkan Debat Capres-cawapres 2023

Libatkan tokoh untuk persiapan debat

Surakarta, IDN Times - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengaku siap menghadapi Debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang dijadwalkan tanggal 12 Desember 2023.

Baca Juga: 17 Program Prioritas Wali Kota Dicap Bohong, Gibran Ucap Terima Kasih

1. Sudah mempersiapkan materi debat.

Gibran Libatkan Para Tokoh Persiapkan Debat Capres-cawapres 2023Gibran Rakabuming Raka saat lepas purna tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai menghadiri acara serah terima jabatan Sekretaris Daerah Kota Solo, di Balai Kota, Gibran mengaku sudah mempersiapkan materi untuk debat capres dan cawapres yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut.

"Ya sudah dipersiapkan," ujarnya, Jumat (1/12/2023).

2. Libatkan tokoh dalam persiapan debat.

Gibran Libatkan Para Tokoh Persiapkan Debat Capres-cawapres 2023Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Pada tahap pertama debat KPU tersebut materi yang dijadwalkan adalah tentang Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Gibran mengatakan akan melibatkan sejumlah tokoh dalam proses persiapan menuju debat pertama. Kendati demikian ia enggan menyebutkan siapa saja tokoh yang dimaksud.

"Nanti ada (akan melibatkan tokoh, red.)," jelasnya.

Gibran juga akan berkolaborasi dengan Prabowo Subianto selama persiapan debat tersebut. "Iya (kolaborasi dengan Prabowo) ," ungkapnya.

3. Jadwal debat capres cawapres oleh KPU.

Gibran Libatkan Para Tokoh Persiapkan Debat Capres-cawapres 2023Pasangan Capres-Cawapres, Prabowo - Gibran dalam acara Rakornas Sentra Penegakan Hukum Terpadu pada Pemilu 2024. (YouTube.com/Bawaslu RI)

Debat Capres-Cawapres direncanakan akan digelar dalam lima tahap dengan materi debat yang berbeda-beda. Berikut jadwal debat capres-cawapres;

- Debat I digelar tanggal 12 Desember 2023. Tema : Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

- Debat II tanggal 22 Desember 2023
Tema: Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional.

- Debat III tanggal 7 Januari 2024
Tema: Ekonomi (kerakyatan dan digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, serta Infrastruktur.

- Debat IV tanggal 21 Januari 2024
Tema: Energi, SDA, SDM, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, dan Masyarakat Adat

- Debat V tanggal 4 Februari 2024
Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan dan Kebudayaan, Kesehatan (Post Covid Society), dan Ketenagakerjaan.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya