Gibran: Solo Siap Tampung Pasien COVID-19 Dari Kudus

Warga Solo diminta agar gak khawatir

Surakarta, IDN Times - Melonjaknya kasus Covid-19 dari Kudus, Jawa Tengah, ditanggapi oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Gibran mengaku siap membantu menyediakan rumah karantina bagi pasien COVID-19 tersebut.

Baca Juga: 14 ASN Kudus Kena COVID-19 Dipindah ke Boyolali, Karantina Terpusat

1. Solo siap buka fasilitas RS tambahan untuk menampung pasien COVID-19 dari Kudus

Gibran: Solo Siap Tampung Pasien COVID-19 Dari KudusKedatangan pasen Covid-19 dari Kudua di Asrama Haji Donohudan.IDNTimes/Larasati Rey

Gibran mengatakan, Pemkot Solo siap membantu jika sewaktu-waktu daerah lain membutuhkan bantuan untuk menangani pasien COVID-19. Ia juga menyebutkan siap membuka fasilitas RS tambahan di Solo jika dibutuhkan.

"Yang jelas, ada daerah lain yang kondisinya over kapasitas, ini harus kita bantu. Jangan sampai ngurusi Solo aja. Yang lain harus kita bantu,” katanya, Senin (7/6/2021).

Gibran menambahkan jika kapasitas rumah karantina di Solo Techno Park dan juga rumah sakit lapangan (Rumkitlap) di Benteng Vanstenburg siap untuk digunakan dan menampung pasien COVID-19.

"Masalahnya di Kudus memang sudah over kapasitas. Kalau daerah lain tidak membantu, kasihan. Beberapa daerah lain juga sudah membantu tenaga kesehatan dikirim ke sana,”imbuhnya.

2. Minta warga Solo tak takut

Gibran: Solo Siap Tampung Pasien COVID-19 Dari KudusKedatangan pasien Covid-19 di Asrama Haji Donohudan. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut, Gibran meminta warga Solo untuk tidak risau terkait adanya kiriman pasien positif COVID-19 dari Kudus di Asrama Haji Donohudan.

Menurut Gibran, penanganan isolasi di Asrama Haji Donohudan dilakukan sesuai prosedur. Dan warga diminta tidak takut keberadaan pasien tambahan dari Kudus tersebut mengancam warga Solo.

"Untuk warga Solo, tenang saja. Kita tidak terancam. Mereka kan diisolasi di Donohudan, tidak bisa keluar masuk bebas. Seharusnya bisa diselesaikan di Donohudan, jangan sampai melebar kemana-mana. Warga Solo jangan takut,”ungkapnya.

3. Dikarantina di Asrama Haji Donohudan

Gibran: Solo Siap Tampung Pasien COVID-19 Dari KudusAsrama Haji Donohudan.IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Penanggung jawab untuk isolasi orang tanpa gejala (OTG) wilayah Solo Raya dr Sigit Armunanto mengatakan, terdapat 69 warga terpapar Covid-19 dievakuasi pada Minggu (6/6/21). Hari ini jumlahnya bertambah 30 orang, sehingga totalnya menjadi 99 orang.

Sigit menambahkan jumlah pasien dari Kudus akaan terus bertambah. Pihaknya terus melakukan persiapan agar proses evakuasi berjalan lancar. Sedangkan kamar di Asrama Haji Dobohudan mencukupi untuk menampung pasien Covid-19 dari Kabupaten Kudus dan sudah sesuai standar protokol kesehatan Covid-19.

"Kamar isolasi cukup, masih bisa menampung 400-500 orang. Sudah standar prokes juga. Satu kamar bisa untuk 2 hingga 6 orang. Tergantung besar dan kecilnya ukuran kamar isolasi," pungkasnya.

 

Baca Juga: Gibran Soroti Kawasan Alkid Yang Dinilai Tak Taat Prokes

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya