Hina Batik dan Ibu Negara Iriana, Gibran Gak Mau Lapor Polisi

Tidak mau mengurusi hal yang remeh

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo sekaligus putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak melaporkan penghina Ibu Negara Iriana Jokowi. Gibran memilih untuk tetap konsentasi menjalankan tugasnya sebagai Wali Kota Solo daripada mengurusi hal yang dinilainya remeh tersebut.

1. Tak akan memikirkan hal tersebut

Hina Batik dan Ibu Negara Iriana, Gibran Gak Mau Lapor PolisiPemilik akun @KoprofilJati. (Dok/twitter)

Saat ditemui usai kegiatan peresmian rumah layak huni di Kawasan Semanggi RW I, Kelurahan Mojo, Gibran menegaskan tidak marah dengan netizen yang menghina Ibu Iriana. Ia bahkan tidak kaget dengan hal tersebut.

"Ra tak gagas (tidak saya pikirkan), ra tak tanggepi piye-piye (tidak saya tanggapi bagaimana). (Saya) gak kaget, gak marah juga. Santai," ujarnya Jumat (18/11/2022).

Baca Juga: Didorong Golkar Maju Pilgub DKI Jakarta, Gibran: Aku Sudah Menentukan

2. Gibran nilai cukup memalukan

Hina Batik dan Ibu Negara Iriana, Gibran Gak Mau Lapor PolisiWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Meski demikian, Gibran mengakui kalimat yang ditulis netizen dari akun twitter @KoprofolilJati tersebut cukup memalukan. Di luar cuitan bernada hinaan tersebut, dia lebih memperhatikan cuitan bernada negatif lain yang menghina batik.

"Kuwi seng ngisin-ngisini (Itu yang malu-maluin), komen-klambi, batik, reno-reno (macam-macam). Mereka ora mudeng kultur kene asal jeplak ning Twitter (mereka tidak tahu budayanya disini, asal komentar saja di twitter). Termasuk yang di luar negeri Youtuber itu, yang kritik batik, menghina batik sama saja," jelasnya.

Gibran memastikan tidak akan melaporkan perbuatan penghinaan netizen tersebut. Termasuk penghina Ibu Negara Iriana Jokowi. 

"Aku ora ngurusi ngono kuwi (saya tidak mengurusi hal itu). Males, karena wis biasa. Apa pernah saya laporin hal-hal itu? Saya pilih ngurusi yang lain saja, lagi banyak kerjaan," ungkapnya. 

3. Netizen hina Ibu Negara

Hina Batik dan Ibu Negara Iriana, Gibran Gak Mau Lapor PolisiTwitter @kaesangp

Untuk diketahui, seorang netizen dianggap menghina Ibu Negara, Iriana Jokowi dengan membandingkannya dengan Ibu Negara Korea Selatan, Kim Keon Hee. Cuitan bernada hinaan tersebut viral di media sosial Twitter dan banyak mendapat tanggapan netizen lain.

Akun twitter @KoprofolilJati menuliskan kata-kata yang dinilai sebagai penghinaan.

"Bi, tolong buatkan tamu kita minum." Baik, Nyonya," tulis di akun Twitternya.

Postingan tersebut ikut membuat Kaesang, putra bungsu Presiden Jokowi bereaksi. Ia membalas pesan dengan menanyakan maksud dan tujuan postingannya.

"Lha terus maksudmu gimana," tanya Kaesang.

Baca Juga: Gibran Pastikan Pernikahan Kaesang Erina Tidak Menutup Jalan di Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya