Ibu Hamil dan Menyusui di Solo Bisa Divaksinasi COVID-19, Yuk Cus!

Khusus buat ibu hamil usia kandungan 12 minggu keatas

Surakarta, IDN Times - Percepatan Vaksinasi di Kota Solo terus dikejar Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta dengan program vaksinasi COVID-19 kepada ibu hamil dan ibu menyusui. Vaksinasi tersebut digelar di seluruh Puskesmas yang ada di Kota Solo.

1. Diberikan untuk ibu hamil usia kandungan 12 minggu

Ibu Hamil dan Menyusui di Solo Bisa Divaksinasi COVID-19, Yuk Cus!Vaksinasi ibu hamil di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Pemberian vaksin dosis pertama hanya diberikan bagi ibu hamil pada usia kandungan diatas 12 minggu. Hal tersebut dimaksuskan untuk memberikan perlindungan terhadap ibu hamil trimester kedua dan ketiga.

Koordinator Vaksinasi COVID-19 Puskesmas Nusukan, Dasundari Dewi mengatakan jika ibu hamil masuk dalam katagori rentan terkena penyakit bahkan virus. Terlebih mereka yang memiliki riwayat sakit kronis dan membutuhkan perawatan khusus.

"Sebenernya untuk kemungkinan terkena inveksinya hampir sama dengan orang-orang yang tidak hamil, hanya saja ketika terinveksi, ibu hamil daya tahan tubuhnya berbeda dengan orang biasa. Dalam perawatan kan harus melihat kondisi janinnya jadi penanganan ya harus lebih hati-hati daripada orang biasa yang tidak hamil yang sama sama terkena virus corona," jelasnya Selasa (10/8/2021).

Ketua Satgas COVID-19 Solo, Ahyani menyebut vaksinasi untuk ibu hamil diberikan untuk mengurangi terpaparanya virus corona. Meski demikian, pemberian vaksinasi dilakukan atas saran dan rekomendasi dari dokter.

"Ini kasuistik, dilihat kondisinya dan tergantung rekomendasi dokter. Karena mengurangi resiko parah yang terpapar dan dampak ke kandungan dan janin," jelasnya.

Baca Juga: Temui Pasien Isolasi di Solo, Luhut Curhat Keluarganya Kena COVID-19

2. Vaksinasi ibu hamil disambut baik warga

Ibu Hamil dan Menyusui di Solo Bisa Divaksinasi COVID-19, Yuk Cus!Vaksinasi ibu hamil di Solo. Dok/Humas Pemkot Solo

Sementara itu, di Puskesmas Penumping, vaksinasi ibu hamil dimulai pukul 08.00--13.40 WIB. Tercatat pada Selasa (11/8/2021) sudah 18 ibu hamil dan ibu menyusui, dengan rincian 12 orang ibu hamil dan 6 orang ibu menyusui yang divaksinasi.

Ika Putri (36), merupakan salah satu ibu hamil divaksinasi di Puskesmas Penumping mengaku jika penyuntikan vaksin berjalan lancar dan cukup detail saat proses skrining.

“Ya cukup lancar dan Insyaallah baik. Tadi juga udah ditanya-tanya detail sebelum bisa divaksinasi, apakah kita mempunyai keluhan-keluhan. Soalnya pada saat hamil kadang memang ada beberapa kasus bengkak dan lain-lain dan mungkin itu tidak baik untuk ibu hamil dan screening-nya cukup detail, jadi ya saya harap hasilnya cukup baik,” ucap Ika.

3. Gibran targetkan 80 persen vaksinasi sebelum 17 Agustus 2021

Ibu Hamil dan Menyusui di Solo Bisa Divaksinasi COVID-19, Yuk Cus!Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (IDN Times/Larasati Rey)

Target vaksinasi Pemkot Surakarta untuk ibu hamil dan menyusui di Kota Solo mencapai 1000 dosis vaksin. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menargetkan vaksinasi secara keseluruhan di Kota Solo bisa mencapai 80 persen sebelum tanggal 17 Agustus 2021.

"Targetnya ya sebelum 17 Agustus 80 persen totalnya, ya kan pelajar jalan terus, ibu hamil, yang 17--18 tahun keatas juga jalan terus. Dosis kedua jalan terus, pokoknya kita jalan terus," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Sukses Berbisnis ala Nyonya Swan, Bikin Dapur Solo Berjaya

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya