Iriana Jokowi Inisiasi Parade Kebaya di Solo saat Hari Batik Nasional

Ajang dukungan kebaya sebagai warisan tak benda

Surakarta, IDN Times - Ibu Negara, Iriana Joko "Jokowi" Widodo bersama ibu-ibu Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (OASE) Kabinet Kerja Indonesia Maju, akan mengelar parade kebaya “Berkebaya Bersama Ibu Negara” di Kota Solo, Minggu (2/10/2022). Kegiatan itu diadakan untuk memperingati Hari Batik Nasional 2022.

1. Iriana bertemu pengurus Himpunan Ratna Busana

Iriana Jokowi Inisiasi Parade Kebaya di Solo saat Hari Batik NasionalIriana Jokowi bersama OASE tiba di Bandara Adi Soemarmo, Solo. (Dok. Biro Press Kepresidenan)

Usai mengunjungi Kabupaten Sragen, Iriana Jokowi bersama rombongan istri menteri bertemu dengan pengurus Himpunan Ratna Busana (HRB) di Dimsum Diamond Restaurant and Cafe di Solo, Kamis (22/9/2022).

Mereka membahas penyelenggaraan acara parade kebaya yang menjadi inisiatif dari Iriana Jokowi.

Baca Juga: 5 OOTD Busana Kebaya ala Maudy Ayunda, Anggun dan Kekinian!

2. Melibatkan 1.000 wanita berkebaya

Iriana Jokowi Inisiasi Parade Kebaya di Solo saat Hari Batik NasionalParade Kebaya Nusantara di Keraton Kasunanan Surakarta. (IDN Times/Larasati Rey)

Ketua HRB, Danarsih Hadipriyono menerangkan, pertemuan dengan Iriana beserta istri menteri itu untuk membahas kegiatan berkebaya saat Hari Batik, 2 Oktober 2022 di Solo. Baginya, kebaya menjadi salah satu pakaian adat tradisional yang saat ini diperjuangkan untuk mendapat pengakuan dari UNESCO.

"Ibu Iriana menginginkan kegiatan berkebaya di Kota Solo karena menjadi kota asal usul baju kebaya," katanya.

Rencananya, saat acara, akan melibatkan sekitar 1.000 wanita dari berbagai profesi. Mereka berkebaya dan berjalan dari Loji Gandrung ke Ndalem Wuryaningratan, Kota Solo.

3. Menyongsong penetapan Hari Kebaya Nasional

Iriana Jokowi Inisiasi Parade Kebaya di Solo saat Hari Batik NasionalParade Kebaya Nusantara di Keraton Kasunanan Surakarta. (IDN Times/Larasati Rey)

Ketua panitia, Gusti Raden Ayu (GRAy) Febri Hapsari Dipokusumo menjelaskan, acara Berkebaya Bersama Ibu Negara adalah gagasan langsung Iriana Jokowi. Pihaknya juga akan mengusulkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda sekaligus menetapkan Hari Kebaya Nasional.

“Saat Ibu Iriana Jokowi berkunjung ke Solo sempat menyampaikan pada Ketua Himpunan Ratna Busana yakni Ibu Danarsih untuk bisa menggaungkan bahwa kebaya asli Solo bisa disebarluaskan,” jelas Febri.

Dari pembahasan itu, akhirnya tercetus kegiatan Berkebaya Bersama Ibu Negara sekaligus memperingati Hari Batik Nasional 2022. Febri memaparkan, rencananya, Iriana Jokowi akan disambut oleh pedagang-pedagang perempuan yang kesehariannya selalu mengenakan kebaya.

“Peserta akan datang dari berbagai kota. Selain parade juga ada bazar dan kegiatan-kegiatan seni lainnya. Dan di sepanjang jalan nanti akan ada musik tradisional seperti musik bambu, gamelan. Ada beberapa pemberhentian dengan aktivitas kesenian,” pungkasnya.

Baca Juga: 6 Potret Rancangan Busana Batik Kudus Karya Siswa SMK, Bikin Terpukau 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya