Viral Snack Gambar Kaesang di Garuda Indonesia, Gibran: Salah Paham

Gak ada lagi wajah Kaesang di kemasan TRICKS untuk maskapai

Surakarta, IDN Times - Viral kemasan makanan ringan atau snack dengan ilustrasi gambar Kaesang Pangarep yang disajikan maskapai Garuda Indonesia menjadi sorotan warganet. Menanggapi hal itu, kakak kandung Kesang, Gibran Rakabuming Raka turut menanggapi dengan santai.

Baca Juga: Gibran Siap Ditangkap KPK Jika Terbukti Korupsi, Sudah Bilang Kaesang

1. Gibran menilai ada salah paham

Viral Snack Gambar Kaesang di Garuda Indonesia, Gibran: Salah PahamSnack bergambar Kaesang Pangarep. (Dok. IDN Times/bt)

Saat ditemui di kantor Balaikota Solo, Senin (17/1/2022), Gibran mengatakan jika kasus tersebut merupakan salah paham semata. Ia juga sudah meminta adiknya untuk memberikan keterangan pers secara tertulis.

“Itu ada salah paham. Nanti di-share ya, ini lagi bikin pers rilis. Bentar lagi, bocahe wis tak kon gawe (red: orangnya sudah saya minta bikin) pers rilis. Wis ket mau esuk (red: sudah dari tadi pagi),” ujar Gibran, yang juga Wali Kota Surakarta.

2. Saham GK Hebat anjlok

Viral Snack Gambar Kaesang di Garuda Indonesia, Gibran: Salah PahamInstagram.com/@kaesangp

Imbas dari kejadian tersebut, saham PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (TAYS) Gibran sempat mengalami penurunan. Namun demikian Gibran menilai hal tersebut sebagai sebuah risiko.

"Sudah (menjadi) risiko," katanya.

3. Produk TRICKS tidak dijual ke BUMN

Viral Snack Gambar Kaesang di Garuda Indonesia, Gibran: Salah PahamIlustrasi pesawat Garuda Indonesia. (Dok. Garuda Indonesia)

Menanggapi hal itu, PT Harapan Bangsa Kita (GK Hebat) memberikan klarifikasi soal kasus tersebut. Dalam rilis yang diterima oleh IDN Times, Senin (17/1/2022), mereka menyatakan bahwa PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (TAYS) meluncurkan kemasan baru produk makanan ringan TRICKS yang menampilkan ilustrasi wajah Kaesang Pangarep sebagai bagian dari kerjasama co-branding dengan GK Hebat.

Kemasan baru yang menampilkan wajah Kaeang Pangarep itu khusus diperuntukkan bagi distribusi pasar ritel, sekaligus mendorong promosi UMKM nasional. Adapun, GK Hebat memiliki perjanjian dengan TAYS untuk tidak menjual produk TRICKS dengan ilustrasi wajah Kaesang Pangarep kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta tidak ada andil dalam negosiasi dengan Garuda Indonesia maupun anak usahanya yakni Aerofood ACS.

Ihwal pendistribusiannya di kalangan maskapai, nantinya akan memakai produk TRICKS dengan kemasan standar tanpa ilustrasi endorser.

“Kami akan menukar semua produk TRICKS pada Aerofood ACS dengan kemasan standar,” ujar Alexander Anwar selaku CEO Tays Bakers.

GK Hebat bekerja sama dengan TAYS untuk mendorong pasar ritel dalam bentuk ambassadorship dan co-branding untuk produk TRICKS pada awal tahun 2022. Sebelumnya, TAYS juga telah menjalin kerjasama dengan PT Aerofood Indonesia (Aerofood ACS) selama satu tahun terakhir di mana TAYS menyediakan produk TRICKS kepada Aerofood ACS untuk keperluan distribusi di berbagai maskapai penerbangan yang menggunakan jasa Aerofood ACS. Kerja sama itu telah terjalin sebelum TAYS bekerja sama dengan GK Hebat.

Baca Juga: Disindir Kaesang Soal Gaji Wali Kota, Gibran Beri Jawaban Menohok

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya