Kronologi Dalang Ki Manteb Meninggal: Gak Dapat RS, Oksigen Menipis

Sempat pentas di TMII Jakarta sebelum positif COVID-19

Karanganyar, IDN Times - Dalang kondang Ki Manteb Sudarsono meninggal dunia pada usia 73 tahun. Dalang yang dijuluki sebagai dalang setan tersebut tutup usia di kediamannya di Desa Domplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pukul 09.45 WIB. Ki Manteb meninggal lantaran positif COVID-19.

1. Ki Manteb sempat mendalang di Jakarta

Kronologi Dalang Ki Manteb Meninggal: Gak Dapat RS, Oksigen MenipisMedhot Sudarsono, putra dalang Ki Manteb Sudarsono (IDN Times/Larasati Rey)

Putra sulung Ki Manteb, Medhot Sudarsono menjelaskan jika sebelumnya sang Ayah sempat mendalang di Jakarta. Lalu, sepulang dari Jakarta, Ki Manteb mengeluhkan sakit demam dan sesak nafas.

"Jumat (25/6/2021) kemarin itu ada acara pentas di Taman Mini (TMII) Jakarta. Saya yakin Bapak berangkat dalam kondisi sehat. Setelah pulang dari Jakarta mengeluh panas. Setelah itu sampai di rumah diperiksa suhunya 38 derajat dan mungkin hampir ke 39. Istirahat sehari semalam, terus malamnya lagi ndalang lagi di tempat ini (red: lokasi kediaman). Padahal sebelumnya beliau mengeluh kondisinya lemes, drop tapi beliau tetap komitmen untuk ndalang," jelasnya Jumat (2/7/2021).

2. Ki Manteb dirawat di rumah karena rumah sakit penuh

Kronologi Dalang Ki Manteb Meninggal: Gak Dapat RS, Oksigen MenipisProsesi pemakaman Ki Manteb Sudarsono (IDN Times/Larasati Rey)

Medhot menambahkan jika saat ini pihak keluarga telah memberikan penanganan medis termasuk melakukan tes swab pada Ki Mantebs Sudarsono pada Rabu (30/6/2021) lalu dan hasilnya positif virus corona. Selain itu, istri almarhum juga dinyatakan positif COVID-19.

Kendati dinyatakan positif COVID-19, pihak keluarga telah berusaha membawa Ki Manteb ke rumah sakit namun lantaran banyak rumah sakit yang penuh Ki Manteb terpaksa dirawat di rumah.

"Setelah dinyatakan positif itu, tadi malam (Kamis (1/7/2021)) napas bapak agak tersengal-sengal dan saya bersama adik-adik juga berusaha untuk mencari oksigen. Kami sudah berusaha menghubungi rumah sakit-rumah sakit ternyata rumah sakit yang menangani COVID-19 bilang selalu sudah penuh," jelasnya.

3. Pemakaman Ki Manteb diiringi geding Jawa

Kronologi Dalang Ki Manteb Meninggal: Gak Dapat RS, Oksigen MenipisProsesi pemakaman dalang Ki Manteb Sudarsono (IDN Times/Larasati Rey)

Pihak keluarga baru mendapatkan oksigen dari seorang relawan dan hanya bertahan sampai Jumat (2/7/2021) sampai akhirnya mendekati jam 09.00 WIB, Ki Manteb telah meninggal dunia.

Prosesi pemakaman Ki Manteb berlangsung pilu. Sebelum dimakamkan, jenazah di sholatkan di rumah duka lalu dibawa ambulans dengan iringan alunan gending Jawa.

Almarhum dimakamkan di tempat pemakaman keluarga dengan protokol kesehatan COVID-19.

Baca Juga: Lonjakan Kasus COVID-19 di Karanganyar, Antrian PCR Hingga Dua Minggu

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya