Ogah Yamaha Nmax, Gibran Kasih Lurah dan Camat di Solo Motor Listrik

"Ojo dibanding-bandingke, ya"

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tidak berminat memberikan Lurah dan Camat di wilayahnya sepeda motor Yamaha Nmax yang viral di media sosial. Ia justru melirik akan memberikan mereka kendaraan dinas operasional berupa motor listrik.

1. Anggarkan motor listrik untuk Lurah dan Camat

Ogah Yamaha Nmax, Gibran Kasih Lurah dan Camat di Solo Motor ListrikYamaha NMAX 155 ABS (yamaha-motor.co.id)

Gibran mengaku berencana menganggarkan motor dinas untuk Lurah dan Camat di Kota Solo untuk APBD 2023. Anggaran tersebut berupa pengadaan motor listrik untuk operasional mereka.

Selain ramah lingkungan, pertimbangan lain memilih motor listrik semata wilayah Kota Solo yang kecil dan cenderung mudah dijangkau.

"Arahnya ke motor listrik. Nanti kan semuanya motor listrik, mobil listrik," jelasnya, Jumat (7/4/2023).

Baca Juga: Usai Piala Dunia U-20 Batal, Gibran Sungkem ke Ganjar: Silaturahmi Aja

2. Minta jangan dibanding-bandingkan

Ogah Yamaha Nmax, Gibran Kasih Lurah dan Camat di Solo Motor ListrikWalikota Solo Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran mengaku tak ingin menjadi followers dengan ikut mengadakan pembelian motor Yamaha Nmax seperti di daerah lain di Solo Raya.

Ia juga menolak dibanding-bandingkan dengan daerah lain karena masing-masing daerah memiliki prioritas dan kemampuan anggaran yang berbeda-beda.

"Kalau Solo Raya (pengadaan motor Yamaha Nmax) gitu, ya bagus. Ojo dibanding-bandingke, ya. Kalau mereka punya anggarannya yo rapopo (ya gak apa-apa). Mosok kudu dibandingke karo (masa harus dibandingikan dengan) Solo," jelasnya.

3. Lurah dan Camat di Solo punya kinerja bagus

Ogah Yamaha Nmax, Gibran Kasih Lurah dan Camat di Solo Motor ListrikIlustrasi ASN (Dok. IDN Times/bt)

Ditanya soal kinerja para ASN tersebut, Gibran mengaku jika para Lurah dan Camat di Kota Solo memiliki kinerja yang bagus sehingga patut untuk diapresiasi.

Adapun, anggaran pengadaan motor listrik untuk operasional tersebut merupakan pengadaan baru. Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta sudah hampir lebih dari 15 tahun tidak menganggarkan untuk pembelian kendaraan dinas.

"Kerjanya (Lurah dan Camat) rajin-rajin. Kalau bisa, ada stimulus semangat untuk mereka. Iya, sudah lama banget (tidak menganggarkan untuk pembelian motor dinas)," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Salat Jumat di Masjid Sheikh Zayed Solo, Ganjar Telat Datang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya