Paslon Bajo Rival Gibran Daftar ke KPU Naik Kuda, 'Kita Bukan Boneka'

Paslon independen Bajo dinyatakan sah.

Solo, IDN Times - Bakal pasangan calon Wali Kota dan wakil Wali Kota dari jalur independen, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) resmi mendaftar ke KPU Solo sebagai paslon peserta Pilkada 2020, Minggu (6/9/20).

Baca Juga: Ikuti Jejak Jokowi-Rudi, Paslon Gibran-Teguh Daftar ke KPU Naik Sepeda

1. Datang naik kuda diiringi ribuan pendukung

Paslon Bajo Rival Gibran Daftar ke KPU Naik Kuda, 'Kita Bukan Boneka'Paslon Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) menunggang kuda untuk mendaftar ke KPU Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Ribuan pendukung dari relawan Tikus Piti Hanata Baris mengiringi keberangkatan paslon Bajo menuju ke KPU Solo. Dengan menunggang kuda, paslon Bajo sesekali menyapa para pendukungnya.

Paslon dari jalur independen ini datang dengan mengenakan pakaian serba hitam, dengan memakai ikat kepada warna senada. Sesampainya di KPU keduanya langsung menuju ke dalam kantor. Namun sebelumnya, paslon Bajo melakukan pengecekan sesuai protokol kesehatan COVID-19.

Kemudian keduanya masuk ke ruang pendaftaran dengan didampingi oleh 10 orang perwakilan.

2. Terdapat poster 'kita bukan boneka'

Paslon Bajo Rival Gibran Daftar ke KPU Naik Kuda, 'Kita Bukan Boneka'Poster 'Kita Bukan Boneka' mengiringi paslon Bajo mendaftar ke KPU Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Ada yang unik dari proses pendaftaran paslon Bajo yang notabene berasal dari kalangan rakyat biasa ini. Saat berjalan menuju ke KPU Solo, ada pendukung membawa poster yang bertuliskan 'Kita Bukan Boneka'. Poster tersebut dibawa sembari mengiringi perjalanan paslon Bajo dari posko kemenangan menuju ke KPU Solo.

Seperti diketahui, paslon Bajo menjadi satu-satunya pesaing paslon Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung oleh beberapa partai. Paslon Bajo sendiri menjadi paslon independen yang murni diusung oleh rakyat. Bajo berhasil mengumpulkan lebih dari 32 ribu suara, sebagai syarat sebagai calon Wali Kota dari jalur independen. Oleh sebab itu, tak jarang banyak warga yang berpikiran jika paslon Bajo adalah paslon boneka, untuk menghindari adanya lawan kota kosong dari kubu Gibran-Teguh.

Sebagai pembuktian keseriusan Bajo maju Pilkada,  terdapat 2.000 an pendukung yang ikut mengantarkan Bojo ke KPU. Pelaksana Harian Tim Pemenangan Paslon Bajo, Robert Hananto mengatakan para pendukung sebelumnya diinstruksikan untuk membatasi keikutsertaan ke KPU, namun karena sikap kegotong royongan mereka nekat datang. Robert menegaskan jika ribuan pendukung tersebut tetap menjalankan protokol kesehatan COVID-19.

"Tadi di perjalanan kita sudah mengatur, tadi ada yang pakai masker, jalan juga jaga jarak dan dua-dua. Sekitar 2.000 pendukung yang ikut. Karena Tikus Pithi dari Jateng juga banyak, mereka ingin membantu saudaranya jadi mereka ikut di Solo," ungkapnya.

3. Berkas dinyataka sah

Paslon Bajo Rival Gibran Daftar ke KPU Naik Kuda, 'Kita Bukan Boneka'Pelaksanaan pendaftaran paslon Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) di KPU Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti mengatakan berkas persyaratan pencalonan pasangan Bajo dinyatakan sudah memenuhi syarat. Akan tetapi, terdapat beberapa berkas yang perlu diperbaiki, salah satunya tanda terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaran Negara (e-LHKPN) yang dikeluarkan oleh KPK. Menurut Nurul, dokumen tersebut masih dalam proses dan secara ketentuan sangat dimungkinkan untuk dilengkapi.

"Bajo tahapan berikutnya dilanjutkan penelitian administrasi hingga pada tanggal 12 September, dan termasuk melakukan verifikasi ke instansi-instansi yang berwewenang," jelas Nurul.

Setelah proses pendaftaran, KPU aka menyerahkan hasil verifikasi pada tanggal 13-14 September mendatang. KPU akan memberikan tengat waktu hingga tanggal 16 September, bagi para bakal calon yang melakukan perbaikan dokumen.

Selanjutnya, KPU akan menetapkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta Pilkada 2020 pada tanggal 23 September dan kemudian 24 September acara pengundian nomor urut pasangan calon. Pada tanggal 26 September, dimulai kampanye dengan segala metode baik langsung maupun tidak langsung.

Baca Juga: Daftar ke KPU Solo di Hari Terakhir, Paslon Bajo Bakal Menunggang Kuda

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya