Pejabat UEA Direncanakan Hadiri Nikahan Kaesang dan Erina

Tamu VIP dan VVIP direncanakan datang di sesi malam

Surakarta, IDN Times - Juru bicara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono, Gibran Rakabuming Raka mengatakan sejumlah tamu pejabat dan VVIP direncanakan hadiri tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Solo.

Baca Juga: Polri Siapkan 109 titik CCTV Pantau Nikahan Kaesang di Solo

1. Ada tamu VVIP dari UEA.

Pejabat UEA Direncanakan Hadiri Nikahan Kaesang dan ErinaPresiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan mendapat sambutan tarian Bali setibanya di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Senin (14/11/2022). (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Fikri Yusuf)

Selain tamu pejaba dari Indonesia, Gibran mengatakan pernikahan putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut akan dihadiri oleh tamu kenegaraan dari Uni Emirat Arab (UEA). Kendati demikian, Gibran belum menjawab secara pasti siapa tamu VVIP dari UEA yang hadir.

"Ya kita siapkan tamu dari UEA juga," kata Gibran Selasa (6/12/2022).

Gibran mengatakan jika pihak panitia pernikahan sudah mempersiapkan pengamanan terkait kedatangan tamu VVIP dari UEA tersebut. Meski demikian, Gibran masih enggan menyebutkan siapa tamu VVIP dari UEA yang akan datang.

"Pokokmen wes tak bookingke hotel. Dubes UEA pas rapat kemarin juga diundang, terus kemarin Dubes datang, wes tak pesenke penginapan, pengamanan," jelas Gibran.

2. Sejumlah pejabat dan politisi hadir di malam hari.

Pejabat UEA Direncanakan Hadiri Nikahan Kaesang dan ErinaPura Mangkunegaran. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Gibran mengatakan untuk para tamu VVIP dan VIP direncanakan akan datang pada sesi tasyakuran di malam hari.

"Tamu kebanyakan malam hari Jumat malam, habis Maghrib sampai jam 10 malam," ungkapnya.

Tamu undangan VIP dari Indonesia yang akan hadir adalah  ketua lembaga tinggi serta mantan kepala negara. Gibran mengatakan undangan dibagi menjadi pagi dan malam.

"Undangan pagi malam. Gak ada kategori, Sesi ini sekian ratus ben ora penumpukan.
Endak ada batasan waktu, pokoknya tamu masuk foto, salaman, makan terus pulang," jelasnya.

Gibran menegaskan undangan tamu yang hadir semuanya barcode, jadi tidak ada tamu yang nekat masuk ke acara.

3. Akan ada rekayasa buka tutup jalan.

Pejabat UEA Direncanakan Hadiri Nikahan Kaesang dan ErinaRakorwil Pernikahan Putra ke-3 Presiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama Surakarta Kolonel Inf Anan Nurakhman mengatakan saat acara di Pura Mangkunegaran, tidak ada kendaraan pribadi yang masuk ke venue sehingga tidak akan ada pwnumpukan kendaraan. Tamu akan diantar ke tempat resepsi dengan menggunakan shuttle bus yang sudah disiapkan baik di kantong parkir maupun di hotel-hotel.

"Ada sekitar 14 lokasi parkir yang disiapkan termasuk di hotel tempat tamu menginap. Ada dua lokasi utama yang disiapkan yakni Stadion Manahan dan Benteng Vastenburg," jelasnya.

Selama acara berlangsung, kegiatan car free day (CFD) tetap berlangsung seperti biasa, hingga jam 09.00 WIB tidak ada kendaraan yang melintas di Jalan Slamet Riyadi. Begitu juga dengan kirab kereta kuda juga diharapkan pukul 09.00 WIB sudah masuk ke Pura Mangkunegaran.

"Jadi tidak ada khusus kita normal saja. Saat acara resepsi, Jalan Ronggowarsito  di depan Pura Mangkunegaran akan diprioritaskan untuk shuttle bus tamu undangan," ujarnya.

Pihaknya meminta kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitasnya di seputaran Mangkunegaran untuk menghindari kemacetan.

Baca Juga: Okupansi Hotel di Solo Melesat Naik 80 Persen Jelang Pernikahan Kaesang-Erina

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya