Comscore Tracker

Pembangunan 90 Persen, Masjid Sheikh Zayed Solo Buka 17 November 2022

Diresmikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden UEA.

Surakarta, IDN Times - Pembangunan Masjid Sheikh Al Zayed sudah mencapai 90 persen pada Jumat (7/10/2022). Rencananya, peresmian masjid hadiah Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) untuk Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut akan dilakukan pada 17 November 2022.

1. Pembangunan dipantau langsung dari UEA

Pembangunan 90 Persen, Masjid Sheikh Zayed Solo Buka 17 November 2022Sekda Kota Surakarta, Ahyani. (IDN Times/Larasati Rey)

Sejumlah delegasi UEA kembali mendatangi Kota Solo, Jumat (7/10/2022). Kedatangan utusan Pangeran Arab tersebut bertujuan untuk mempersiapkan peresmian masjid replika Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

"Mereka ke sini (Solo) sebagai rangkaian untuk mempersiapkan peresmian masjid. Kaitannya dengan kesiapan bangunan dan tamu yang akan menghadiri peresmian," ujar Sekretaris Daerah Kota Solo, Ahyani, Jumat (7/10/2022).

Baca Juga: Sejarah Bubur Samin Masjid Darussalam Solo, Antara Mitos dan Tradisi

2. Jokowi dan Presiden UEA akan meresmikan

Pembangunan 90 Persen, Masjid Sheikh Zayed Solo Buka 17 November 2022Presiden Joko “Jokowi” Widodo beri arahan dalam Rakornas BMKG 2022. (dok. YouTube Info BMKG).

Ahyani memastikan, dalam peresmian nantinya akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi dan Presiden UEA, Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Keduanya datang ke Solo usai menghadiri acara G20 yang berlangsung di Bali.

"Dari tamu VIP selain delegasi dari UEA, nanti Pak Presiden, kemudian dari Kementerian Agama, Kementerian PUPR," paparnya.

3. Progres pembangunan masjid sudah 90 persen

Pembangunan 90 Persen, Masjid Sheikh Zayed Solo Buka 17 November 2022Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam pertemuan tersebut, Ahyani memaparkan perkembangan pembangunan masjid yang sudah mencapai 90 persen. Adapun saat ini dalam tahap finishing.

"Tinggal finishing saja, kebanyakan kan fabrikasi, di bagian tower. Kelistrikan sudah, hanya tinggal sedikit. Yang saya kritik tadi soal landscapingnya. Saya minta pohon di sana diganti dengan yang lebih besar," katanya.

Sebelumnya, peresmian Masjid Sheikh Zayed mundur dari jadwal semula pada Agustus 2022. Molornya jadwal tersebut disebabkan keterlambatan kedatangan barang-barang untuk interior masjid dari luar negeri.

Baca Juga: Jokowi dan Presiden UEA Resmikan Masjid di Solo, Ada Terowongan Khusus

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya