Comscore Tracker

Pemudik Lokal yang Masuk Solo Wajib Pakai SKIM

Akan lakukan penyekatan

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku khawatir dengan adanya pemudik lokal yang masuk ke Kota Solo. Pemudik lokal tersebut merupakan pemudik yang berasal dari daerah sekitar Kota Solo.

Baca Juga: Petani di Selo Panen 21,8 Ton Bawang Putih, Kualitas Setara Impor

1. Dapat tingkatkan kasus COVID-19

Pemudik Lokal yang Masuk Solo Wajib Pakai SKIMRelawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Gibran mengatakan adanya pemudik lokal dikhawatirkan dapat meningkatkan kasus COVID-19 di Kota Solo. Ia juga akan melakukan pengetatan di sejumlah daerah terhadap pemudik lokal.

"Saya kawatir dengan mudik lokal. Dari daerah sekitar Solo. Menurut saya banyak OTG, harus juga ada kejelasan titik penyekatan," ungkapnya, Senin (20/4/21).

2. Wajib bawa SKIM

Pemudik Lokal yang Masuk Solo Wajib Pakai SKIMIlustrasi mudik. IDN Times/Imam Rosidin

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani mengatakan pemudik lokal yang berasal dari Soloraya wajib membawa surat keterangan izin masuk (SKIM) jika hendak tinggal di sanak keluarga di Kota Solo.

"Perlakuannya sama mereka datang wajib membawa SKIM, untuk pemudik yang menginap, kalau yang gak, gak apa-apa," jelasnya.

3. Tak ada penyekatan di perbatasan

Pemudik Lokal yang Masuk Solo Wajib Pakai SKIMSekda Solo, Ahyani. IDN Times/Larasati Rey

Lebih lanjut, Ahyani mengaku Pemkot Solo tidak melakukam penyekatan diperbatasan dan pintu masuk kota, ia menyerahkan pengawasan wilayah sepenuhnya pada Pemprov Jateng. Kendati demikian, Pemkot tetap melakukan layanan penjemputan pemudik di Bandara Adi Soemarmo, Stasiun Solo Balapan, Terminal Tirtonadi, dan ke rumah warga yang kedapatan terdapat pemudik yang datang.

"Kita mekanismenya sama seperti tahun lalu, ada penjemputan juga dan kita lebih manfaatkan jogo tonggo,"pungkasnya.

Pemerintah pusat sendiri telah memberlakukan larangan mudik mulai tanggal 6-19 Mei 2021.

Baca Juga: Pemudik Nekat Pulang Kampung ke Solo, Siap-siap Dikarantina!

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya