Comscore Tracker

Penyekatan Jalan di Solo, Dua Jam Gibran Tunggu Kendaraan Pemudik

Dua jam menunggu kendaraan pemudik.

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, memantau langsung penyekatan pemudik di Simpang Joglo, Sabtu (8/5/21). Didampingi oleh Kapolresta Solo Kombel Pol Ade Safri Simanjuntak, Gibran memastikan pelaksanaan penyekatan berlangsung sesuai dengan prosedur.

Baca Juga: Lebaran Gibran Izinkan Tempat Wisata di Solo Buka, Asal Penuhi Syarat 

1. Pastikan pengendara bawa SKIM

Penyekatan Jalan di Solo, Dua Jam Gibran Tunggu Kendaraan PemudikWali Kota Solo Gibran Rakabuming memantau proses penyekatan. Dok/Humas Pemkot Solo

Selama kurang lebih dua jam, Gibran memantau proses penyekatan kendaraan luar kota yang masuk Solo. Pihaknya ingin memastikan secara langsung, kendaraan luar kota yang masuk sudah membawa hasil rapid test dan Surat Ijin Keluar Masuk.

“Hari ini kami pantau penyekatan di Palang Joglo. Kendaraan pelat luar kota kita berhentikan semua, kita lihat hasil swab-nya, kita lihat SIKM-nya," kata Gibran.

2. Satgas Jogo Tonggo lakukan pemantauan di tiap kelurahan

Penyekatan Jalan di Solo, Dua Jam Gibran Tunggu Kendaraan PemudikPos skrining penyekatan di Solo. Dok/Humas Pemkot Solo

Selain penyekatan, Gibran mengatakan ada mekanisme pemantauan oleh Satgas Jogo Tonggo di tiap kelurahan. Menurutnya, penyekatan merupakan salah satu upaya mencegah lolosnya pemudik dari luar Solo.

"Kalau masih ada yang lolos penyekatan nanti pasti ketahuan, kepantau oleh Satgas Jaga Tangga," ungkapnya.

3. Maksimalkan Jogo Tonggo antisipasi pemudik kucing-kucingan

Penyekatan Jalan di Solo, Dua Jam Gibran Tunggu Kendaraan PemudikPolisi melakukan penjagaan di Simpang Joglo, Solo. Dok/Humas Pemkot Solo

Tak ingin kecolongan dengan adanya pemudik yang datang secara kucing-kucing, Gibran memaksimalkan peran Satgas Jogo Tonggo di setiap kecamatan di Kota Solo. Mereka akan akan segera bertindak jika nantinya terdapat warga pendatang yang datang tanpa membawa persyaratan yang ditetapkan.

Gibran berharap masyarakat mematuhi aturan pemerintah untuk menahan diri tidak mudik guna mencegah persebaran COVID-19. Pemkot Solo sendiri telah menyiapkan dua alternatif lokasi karantina bagi pemudik yang nekat pulang kampung. Lokasi tersebut yakni di Solo Techno Park dan karantina hotel bagi pemudik yang mampu.

Baca Juga: Ini Syarat Mengurus SIKM di Solo, Dilarang Bepergian ke Zona Merah 

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya