Peringati Hari Wayang Dunia, BHS Ajak Anak Muda Peduli Budaya

Ayo nonton wayang orang di Sriwedari!

Surakarta, IDN Times - Peringati Hari Wayang Dunia, BHS Peduli bersama PT Dharma Lautan Utama (DLU) memberikan bantuan kepada pelaku budaya di Wayabg Orang Sriwedari, Solo. Bantuan tersebut sebagai bentuk apresisasi sekaligus upaya untuk pelestarian budaya wayang di Indonesia.

1. Semarakkan Hari Wayang Dunia

Peringati Hari Wayang Dunia, BHS Ajak Anak Muda Peduli BudayaPergelaran wayang orang Sriwedari. (IDN Times/Larasati Rey)

Founder BHS Peduli, Bambang Haryo Soekartono (BHS) mengatakan, jika pelestarian wayang orang di Indonesia tidak banyak. Bahkan terbilang bisa dihitung dengan jari. Ia juga mengapresiasi adanya wayang orang di Sriwedari, Solo yang masih eksis hingga saat ini.

"Ini dalam rangka memperingati Hari Wayang Dunia pada 7 November kami beserta tim relawan BHS Peduli serta Erwin H. Poedjono) dan jajaran PT Dharma Lautan Utama menyaksikan pergelaran Wayang Anoman," ujarnya kepada awak media, Senin (6/11/2023) malam.

"Saya sangat kagum dan memberikan apresiasi untuk Wayang Solo Sriwedari ini yang masih tetap eksis setiap hari yang menampilkan pergelaran," jelasnya.

Baca Juga: Night Market Ngarsopuro Pindah Sementar di Sriwedari

2. Menilai Gedung Wayang Orang Sriwedari

Peringati Hari Wayang Dunia, BHS Ajak Anak Muda Peduli BudayaFounder BHS Peduli, Bambang Haryo Soekartono. (IDN Times/Larasati Rey)

Bambang mengaku terbawa dengan alur cerita Anoman yang ditampilkan oleh para pemeran.

"Saya juga terbawa dan cukup mengharukan kisah cintanya Rama dan Shinta ini ya," ungkapnya.

Bambang yang juga menjabat sebagai Ketua dewan penasehat DPD Gerindra Jawa Timur sekaligus Dewan Pakar DPP Gerindra pun memuji fasilitas dan kondisi Wayang Orang Sriwedari Solo yang masih dipertahankan dengan baik.

"Saya pikir masih relatif baik dengan biaya Rp10 ribu mendapatkan fasilitas seperti ini. Saya apresiasi Pemerintah Kota Solo ini yakni Mas Gibran dan Pak Teguh sebagai wali kota dan wakil wali kota yang luar biasa sudah membawa budaya wayang ini menjadi lebih awet," ungkapnya.

3. Ajak anak muda peduli budaya

Peringati Hari Wayang Dunia, BHS Ajak Anak Muda Peduli BudayaGedung Wayang Orang Sriwedari. (IDN Times/Larasati Rey)

Melalui dukungan terhadapa para seniman Wayang Orang Sriwedari, Bambang ingin mengajak anak muda untuk terus melestarikan budaya wayang orang di Indonesi. Pihaknya beserta PT DLU memberikan bantuan untuk para seniman wayang, sekaligus memberikan penambahan fasilitas untuk gedung Wayang Orang Sriwedari.

"Kalau maslah nominal saya pikir tidak usah disebutkan, tapi untuk fasilitas kita menginginkan yg diatas AC nya cuma satu kecil dan saya minta Pak Dirut PT Erwin H. Poedjono) menyumbangkan AC 3PK sebanyak dua dan ditambah proyektor kiri dan kanan untuk mengetahui jalan cerita wayang itu sendiri," pungkasnya.

Baca Juga: Jelajah Denyut Nadi Para Pelestari Warisan Budaya Kuliner Nusantara

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya