Pesan Gibran Kepada Generasi Stroberi: Ojo Sambat di Media Sosial!

Mengaku sering mendapat aduan dari mereka di media sosial

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyoroti kebiasaan anak muda yang terjebak menjadi generasi stroberi. Menurutnya, mereka sangat kreatif tetapi mudah menyerah dan gampang sakit hati.

1. Ingatkan jangan mengeluh di media sosial

Pesan Gibran Kepada Generasi Stroberi: Ojo Sambat di Media Sosial!Ilustrasi media sosial (pexels.com/PhotoMIX Ltd.)

Gibran mengungkapkan jika generasi stroberi kurang memiliki semangat juang dan mudah menyerah. Ia mengingatkan mereka untuk tidak selalu mengeluh soal perasaan atau suasana hati melalui media sosial.

"Kurang tempaan saja soal pendidikan karakter. Terus, sitik-sitik ojo sambat ning sosmed (jangan sedikit-sedikit mengeluh di media sosial)," tegas Gibran yang ditemui usai memberikan acara Pembinaan Gugus Kota Layak Anak Kota Surakarta, di Solo Techno Park, Senin (6/3/2023).

Baca Juga: Survei: Kaesang Masuk Kandidat Wali Kota Solo, Gibran Dukung Teguh

2. Gibran sering mendapat aduan dari anak muda

Pesan Gibran Kepada Generasi Stroberi: Ojo Sambat di Media Sosial!Pexels.com/Trần Long

Lebih lanjut, Gibran mengaku sering mendapat aduan dari anak-anak muda, yang terkadang kurang dipertanggung jawabkan. Namun demikian, ia tetap membalas dan menindaklanjuti aduan tersebut.

"Karena saya melihat, kita terlalu responsif. Anak-anak dengan kita malah sering sambat ya. Kadang malah sering sambat yang gak perlu," jelasnya.

Gibran mengku heran dengan sikap generasi muda sekarang. Menurutnya anak-anak muda generasi stroberi itu lebih sering mengumbar masalah melalui media sosial dari pada melaporkan langsung ke pihak berwajib.

"Bukan menyepelekan. Misal kalau ada kasus perundungan (bullying) atau kekerasan seksual lebih seneng bikin status bukan lapor polisi. Ya, itu contoh kecil," katanya.

3. Tekankan pada pendidikan karakter

Pesan Gibran Kepada Generasi Stroberi: Ojo Sambat di Media Sosial!Ilustrasi anak muda (IDN Times/Aryodamar)

Lebih lanjut, Gibran menekankan pentingnya pendidikan karakter bagi mereka. Ia juga mengingatkan mereka supaya memiliki sikap tanggung jawab dan konsisten.

"Pendidikan karakter penting (untuk mereka). Jangan selalu semuanya melalui media sosial," tegasnya.

Baca Juga: Budayawan Solo: Gelar KPH Gibran Tertinggi di Luar Keturunan Raja

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya