Comscore Tracker

Pesona Selvi Ananda Saat Kenakan Batik Unik Ide Presiden Sukarno

Ajak millenial mengerti filosofi batik

Surakarta, IDN Times - Penampilan Selvi Ananda tampak berbeda saat menghadiri acara Himpunan Ratna Busana (HRB) Solo dalam Talk Show “Mengenal Batik Menurut Jaman dan Lingkungan” di Ndalem Wuryaningrat House of Danar Hadi, Jumat (29/10/2021).

Baca Juga: Gaya Selvi Ananda Saat Blusukan Kampanyekan Cegah Stunting 

1. Kenakan kebaya warna kuning dan batik warna merah

Pesona Selvi Ananda Saat Kenakan Batik Unik Ide Presiden SukarnoSelvi Ananda hadiri acara HRB di Danar Hadi Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Dalam acara tersebut Istri Gibran Rakabuming mengenakan kebaya warna kuning dengan warna kuning dikombinasikan dengan batik merah.

Usut punya usut, istri Gibran Rakabuming Raka itu tak sembarangan memakai batik berwarna-warni tersebut.

Tak hanya itu, pesonanya memancar dengan rambut disanggul. Selvi juga menenteng tas warna perak senanda dengan warna sepatunya.

2. Kenakan batik motif batik yang diprakarsai oleh Presiden Soekarno

Pesona Selvi Ananda Saat Kenakan Batik Unik Ide Presiden SukarnoSelvi Ananda kenakan jarik motif Indonesia. IDNTimes/Larasati Rey

Kendati terlihat sederhana, ternyata batik yang dikenakan oleh Selvi bukan sembarang batik. Wakil Ketua HRB, RAy Febri H Dipokusumo menjelaskan batik yang dipakai Selvi merupakan batik Indonesia diprakarsai oleh presiden pertama RI yakni Soekarno yang ingin menggabungkan batik Nusantara.

"Pola yang digunakan masuk dalam batik Indonesia dilihat juga corak dan warnanya," ujarnya.

Motif nusantara yang diwarna, dengan warna beragam seperti warna merah, hijau dan kuning. Febri mengatakan jika motif batik tersebut aman digunakan untuk acara-acara manapun. Hal ini karena, motif batik keraton memiliki filosofi dan makna dan tidak sembarang acara bisa digunakan.

"Ini malah lebih aman, saat digunakan acara karena kalau batik dari keraton harus dimaknai maknanya," ungkapnya.

"Batik Keraton ada filosofi tapi kalau batik modern monggo karena tidak membatasi kreativitas motif batik," pungkasnya.

3. Selvi ajak generasi muda belajar filosofi batik

Pesona Selvi Ananda Saat Kenakan Batik Unik Ide Presiden SukarnoSelvi Ananda. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Selvi Ananda, menilai makna batik harus dilestarikan dalam kehidupan bermasyarakat. Ia juga mengajak masyarakt untuk lebih mengenal filosofi batik.

"Nguri-nguri budaya, masyarakat perlu diperkenalkan dengan makna batik, agar semakin cinta dengan batik. Saya juga masih belajar karena banyak pakem-pakem yang harus diperhatikan," katanya.

Selvi mengaku saat ini ia masih terus belajar mengenal motif batik, menurutnya pengunaan batik banyak aturan, terutama pada batik asal Keraton Solo.

"Boleh saya berkreasi, untuk bersaing dalam perubahan jaman tapi perlu diketahui makna setiap batik tidak boleh dilakukan yakni pakem-pakem itu," pungkasnya.

Selain talk show, acara HBR tersebut juga memamerkan 30 jenis batik koleksi dari KP Santosa Dullah Hadikusumo, kerja sama HRB dengan Danarhadi. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan kepada perempuan Indonesia bahwa batik memiliki sejarah. Batik mulai diijinkan keluar tembok Kraton (digunakan masyarakat) di era pemerintahan PB VII.

Baca Juga: 9 Adu Gaya Kahiyang Ayu Vs Selvi Ananda, Memesona nan Kalem

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya