Selamat! Akbar Buchari Terpilih jadi Ketua HIPMI Periode 2022--2025

Pemilihan dilakukan dalam 2 putaran

Surakata, IDN Times - Setelah melalui proses panjang, akhirnya Akbar Himawan Buchari terpilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2022-2025 hasil Munas XVII di Solo.

Akbar Buchari menang di putaran kedua setelah memperoleh 92 suara, mengungguli Bagas yang mendapatkan 68 suara.

1. Pemilihan ketua dilakukan dalam dua putaran

Selamat! Akbar Buchari Terpilih jadi Ketua HIPMI Periode 2022--2025Prosen pemilihan Ketua HIPMI di Solo. (Dok/HIPMI)

Sekretaris Sidang Pemilihan Ketum HIPMI, Robert Muda Hartawan mengatakan, pelaksanaan pemilihan suara Munas XVII HIPMI berjalan tuntas. Pemilihan sendiri digelar melalui dua putaran.

“Hasil pemilihan umum Munas HIPMI menetapkan saudara Akbar Himawan Buchari sebagai ketua umum terpilih BPP HIPMI masa bakti 2022--2025,” terang Robert, Rabu (23/11/2022) didampingi Ketua Sidang, Hafrizal Okta Ade Putra.

Hasil putaran pertama calon ketua umum (caketum) nomor urut satu Akbar Himawan Buchari memperoleh 57 suara. Lalu, nomor urut dua Bagas Adhadirgha memperoleh 71 suara dan nomor urut tiga dengan 41 suara. Karena tidak ada caketum yang mencapai 85 suara atau 50 persen plus satu, maka dilakukan putaran 2.

Pada putaran kedua, diikuti dua caketum dengan suara tertinggi, yakni Bagas Adhadirgha dan Akbar Himawan Buchari.

Dalam putaran tersebut, Akbar Buchari meraih 92 suara dan Bagas Adhadirgha mendapatkan 68 suara. Sedangkan yang absen atau tidak sah sebanyak 5 suara.

Kemenangan Akbar tersebut karena mendapat tambahan suara dari para pendukung caketum Anggawira.

Baca Juga: Ketua OC Munas HIPMI Minta Maaf usai Ricuh Antar Peserta di Solo

2. Akbar janji berkomitmen untuk HIPMI

Selamat! Akbar Buchari Terpilih jadi Ketua HIPMI Periode 2022--2025Akbar Himawan Buchari (Dok. HIPMI)

Akbar Buchari, Ketua Umum HIPMI terpilih mengatakan, pelaksanaan Munas XVII sudah diselesaikan dengan baik. Menurutnya, proses regenerasi tidak ada yang menang dan kalah yang ada adalah pembelajaran sebagai pemimpin nasional.

“Saya mewakafkan diri untuk HIPMI tentu perlu dukungan seluruh kader HIPMI seluruh Indonesia. Saya mohon kerjasamanya,” jelas Akbar Buchari.

Dalam pidatonya, Akbar mengatakan, HIPMI adalah organisasi dewasa yang berusia 50 tahun yang mana selama ini berkontribusi aktif pada pembangunan ekonomi nasional.

“Saya berkomitmen membangun HIPMI ke depan bersama Bagas dan Anggawira,” jelas pengusaha properti yang juga mantan Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Sumatera Utara itu.

3. Pemilihan disaksikan langsung oleh para senior

Selamat! Akbar Buchari Terpilih jadi Ketua HIPMI Periode 2022--2025Pemilihan Ketua HIPMI di Solo. (Dok.HIPMI)

Sementara itu, caketum HIPMI nomor urut 2, Bagas Adhadirgha memberikan selamat kepada Akbar Buchari.

"Selamat kepada saudaraku Akbar Himawan Buchari semoga mampu memimpin HIPMI ke depan,” ucap Sekjen HIPMI 2019-2022 ini.

Meski sempat saling bersiteru dan banyak interupsi, sidang selesai dengan hasil yang diterima oleh para peserta.

Perlu diketahui, proses pemilihan suara dimulai Rabu (23/11/2022) pukul 15.30 WIB diawali dengan tahapan penetapan calon ketua umum, penyampaian visi misi dan pemungutan suara.

Selanjutnya, utusan atau voter dari 34 BPD seluruh Indonesia memberikan hak pilih secara bergantian. Total terdapat 170 voter yang ikut dalam tahap pemilihan. Namun, ada 2 yang didiskualifikasi sehingga menjadi 168 suara. Kemudian di putaran kedua, total suara sah berjumlah 165 karena ada beberapa surat suara rusak.

Prosesi Munas sejak 21--23 November 2022 sampai tahapan pemilihan ketua umum ikut disaksikan dan diikuti sejumlah senior HIPMI. Antara lain pendiri HIPMI, Abdul Latief, mantan ketua Umum, Raja Sapta Oktohari, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia dan sejumlah tokoh muda lainnya.

Munas XVII juga menetapkan tim formatur HIPMI, yang terdiri dari Akbar Buchari, Bagas Adhadirgha, dan Eka Sastra. Selanjutnya mereka akan membentuk seluruh kepengurusan BPP HIPMI 2022--2025.

Baca Juga: Menteri Bahlil Turun Tangan Atasi Kekisruhan Munas HIPMI XVII di Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya