Comscore Tracker

Viral! Fenomena Alam Angin Besar di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Tak ada korban jiwa dalam kejadian yang berlangsung 20 menit

Wonogiri, IDN Times - Fenomena alam pusaran angin menyerupai angin puting beliung muncul di area perairan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Jawa Tengah, yang terjadi di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Rabu (20/1/2021) sore sekitar pukul 15.30 WIB.

1. Angin berputar-putar di atas perairan waduk

Viral! Fenomena Alam Angin Besar di Waduk Gajah Mungkur WonogiriAngin puting beliung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Foto/Tangkapan layar

Salah satu relawan Desa Sendang, Purwanto mengatakan angin puting beliung berada di atas perairan Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri. Angin tersebut tiba-tiba muncul setelah sebelumnya awan mendung berada di atas waduk.

"Tadi sore kejadiaanya, tidak sampai ke daratan cuma di atas perairan waduk di daerah sekitar karamba," ujarnya.

Angin puting beliung tersebut terjadi sekitar 20 menit, kemudian angin bergeser ke arah selatan daerah Purwantoro dan menghilang.

Baca Juga: Misterius! 32 Kambing di Wonogiri Mati Tak Wajar, ada Luka di Leher

2. Tak timbulkan kerusakan dan korban jiwa

Viral! Fenomena Alam Angin Besar di Waduk Gajah Mungkur Wonogiriksmtour.com

Purwanto mengatakan kejadian angin puting beliung tersebut merupakan kejadian terbesar yang selama ini yang terjadi di sekitar waduk Gajah Mungkur. Sebelumnya, sekitar waduk beberapa kali diterjang angin puting beliung, namun dalam intensitas yang kecil.

"Dulu sering terjadi angin, tapi yang tadi yang terbesar menurut saya," ungkapnya.

Kendati memiliki pusaran angin yang besar, tidak menimbulkan korban jiwa, serta tidak menimbulkan kerusakan di daerah karamba.

"Anginnya tadi hanya lewat di samping karamba, jadi karamba aman," pungkasnya.

3. Sempat viral di media sosial

Viral! Fenomena Alam Angin Besar di Waduk Gajah Mungkur WonogiriAngin puting beliung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Foto/Tangkapan layar

Sebelumnya, video angin puting beliung di atas perairan Waduk Gajah Mungkur viral di jagat media sosial. Video berdurasi sekitar 30 detik itu memperlihatkan pusaran angin besar di atas perairan waduk.

Sejumlah nelayan terlihat melajukan perahunya untuk menghindari area kawasan angin dan memilih untuk menepi. Kejadian tersebut sempat membuat orang yang merekam menjadi panik.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Wonogiri Terbaru 2020, Penat Seketika Hilang

Topic:

  • Larasati Rey
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya