Antisipasi COVID-19, Polisi dan Warga Kudus Cuci Tangan Goyang TikTok

Waspada antisipasi virus corona

Kudus, IDN Times - Polres Kudus bersama dengan dinas kesehatan dan pelajar melakukan cuci tangan hidup sehat ala Tik Tok di Balai Jagong pada Minggu (15/3). Kegiatan tersebut sebagai kewaspadaan dan antisipasi terhadap virus Corona. 

Baca Juga: Cegah Corona, Sosialisasi Cuci Tangan di Tegal Pakai Goyang TikTok

1. Senam cuci tangan sehat ala Tik Tok ada enam langkah

Antisipasi COVID-19, Polisi dan Warga Kudus Cuci Tangan Goyang TikTokDok. Polres Kudus

Kegiatan pembuatan vidoe Tik Tok bersama tentang tentang langkah cuci tangan hidup sehat . Kegiatan dipandu oleh dr. Eny Puji Utami Paurkes Polres Kudus diikuti oleh seluruh peserta.

Enam langkah cuci tangan sehat itu terdiri dari gosok kedua telapak tangan, gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dan tangan kanan, gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari, hingga gosokkan dengan memutar ujung jari jari tangan kanan ditelapak tangan kiri dan sebaliknya.

2. Tidak hanya senam, Polisi juga bagikan masker kepada masyarakat

Antisipasi COVID-19, Polisi dan Warga Kudus Cuci Tangan Goyang TikTokDok. Polres Kudus

Tidak hanya kegiatan senam cuci tangan, pihak kepolisian juga membagikan masker dan hand sanitizer. Mereka juga memberikan sosialisasi hidup sehat kepada masyarakat yang melintas di sekitar Taman Balai Jagong Kudus.

Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi mengatakan, dengan cuci tangan yang bersih dan benar agar tetap menjaga kesehatan. Terlebih, guna untuk mengantisipasi virus Corona covid-19.

"Cuci tangan yang benar sangat penting dilakukan, ini untuk menjaga kesehatan badan kita," ungkap Kapolres dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

3. Cuci tangan sehat dilakukan sesuai dengan WHO

Antisipasi COVID-19, Polisi dan Warga Kudus Cuci Tangan Goyang TikTokDok. Polres Kudus

Dia menjelaskan, masyarakat diajak ikut mempraktekkan gerakan mencuci tangan yang benar sesuai standart WHO. Yakni dengan cuci tangan yang bersih menggunakan sabun dan air mengalir.

"Namun jika tidak ada air dan sabun bisa menggunakan gel pembersih atau Hand Sanitizier," lanjutnya.

Setelah mempraktekkan mencuci tangan yang benar, Kapolres Kudus membagikan masker dan Hand Sanitizier kepada pengunjung.

Sementara itu, salah satu warga Pradana Aji Sasongko mengatakan kegiatan ini sangat memberikan hal positif bagi warga. Sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk hidup sehat.

"Kami sangat mengapresiasi langkah langkah yang dilakukan oleh Polres Kudus dalam menangkal virus Covid-9," ungkapnya.

Baca Juga: Dampak Virus Corona, CFD di Pati dan Kudus Ditiadakan 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya