Diawali Letupan! Kronologi Kebakaran Pengembangan Gas Jawa di Blora

Diduga TOX alami gangguan

Blora, IDN Times – Terjadi kebakaran pada Proyek Pengembangan Gas Jawa (PPGJ) di Desa Sumber Kecamatan Kradenan, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah Kamis (9/4). Diduga terjadi kebakaran itu karena kebocoran pembuangan TOX (Terminal Oxidizher) di stabilisasi pasca fasilitas area TOX yang mengalami gangguan.

Baca Juga: BPBD Blora Mendata Kebakaran di Sumur Gas Blok Cepu

1. Kejadian bermula ada suara letupan dari pembuangan TOX

Diawali Letupan! Kronologi Kebakaran Pengembangan Gas Jawa di BloraDok. BPBD Blora

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Blora, Hadi Praseno mengungkapkan, kejadian itu terjadi pada pukul 09.30 WIB. Salah satu  karyawan mendengar suara letupan dari pembuangan TOX  satu kali.

“Selanjutnya letupan yang kedua keluar api, dan dilaksanakan evakuasi,” terang dia saat dikonfirmasi IDN Times pada Kamis (9/4).

Dia mengatakan, dengan adanya kejadian tersebut pihak Central Processing Plant (CPP) Gas Gundih tengah dilakukan Stabilisasi. Karena mengakibatkan keluarnya percikan api.

2. Muncul api di area TOX di CPP Gundih di Blora

Diawali Letupan! Kronologi Kebakaran Pengembangan Gas Jawa di BloraDok. BPBD Blora

“Selanjutnya sekiranya pada pukul 09.40 WIB kami mendapatkan informasi adanya gangguan di area TOX di CPP Gundih. Dari kejadian tersebut mengakibatkan adanya api yang muncul di fasilitas tersebut,” kata dia.

Lebih lanjut, tim Penanganan Keadaan Darurat PT Pertamina EP Cepu Field langsung melakukan upaya stabilisasi seluruh fasilitas di CPP Gundih dan api di Fasilitas TOX sudah berhasil dikendalikan. Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.

3. Kerugiannya masih belum dijelaskan

Diawali Letupan! Kronologi Kebakaran Pengembangan Gas Jawa di Blorabisnis.com

Sementara itu, saat ini tim PKD masih terus menjaga fasilitas CPP Gundih untuk mengamankan hingga kondisi benar-benar stabil. Diharapkan masyarakat di sekitar lokasi untuk tidak panik, karena tim  masih terus menangani kondisi ini sampai tuntas.

Dari CPP Gundi pertamina Aset 4 Cepu menjelaskan kerugian materil untuk saat ini  belum bisa menjelaskan. Ini dikarenakan SOP penyampaian di lingkup PT. Pertamina ada yang menangani sendiri.

Baca Juga: Gas Blok Cepu Terkendala, PGN Cari Pasokan Lain untuk Semarang & Blora

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya