Gempa 2,9 SR Guncang Blora, Nihil Kerusakan dan Korban Jiwa

Titik gempa ada di Timur Laut Blora

Blora, IDN Times - Gempa berkekuatan 2,9 SR mengguncang wilayah Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada Senin (30/3). Gempa itu terjadi pada pukul 10.21 WIB. Beruntung dalam kejadian itu tidak ada dampak kerusakan di wilayah Blora dan sekitarnya.

1. Titik gempa bumi di 35 Km Timur Laut Blora

Gempa 2,9 SR Guncang Blora, Nihil Kerusakan dan Korban Jiwabusinessinsider.sg

Informasi soal gempa tersebut diperoleh dari informasi di akun Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) D.I. Yogyakarta. Diketahui gempa berada di titik 6.82 Lintang Selatan dan 111.70 Bujur Timur atau berada di 35 kilometer Timur Laut Blora- Jawa Tengah.

Sementara kedalaman gempa berada 19 kilometer di lokasi tersebut.

2. Tidak ada dampak kerusakan akibat gempa

Gempa 2,9 SR Guncang Blora, Nihil Kerusakan dan Korban JiwaTirto.id

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Blora, Hadi Praseno membenarkan ada kejadian gempa tersebut.

“Kira-kira ke arah Tuban. Kalau kita di Blora tidak terasa ada guncangan,” ujar dia saat dikonfirmasi IDN Times lewat sambungan telepon pada Senin (30/3).

Dia menuturkan, bahwa kejadian tersebut tidak berdampak signifikan di wilayah Blora. Tidak ada kerusakan ataupun korban jiwa pada kejadian itu. Meski demikian, pihaknya selalu mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada.

”Kita imbau agar tetap waspada bencana. Masyarakat selalu diminta agar selalu waspada dan menjaga diri (karena wabah virus corona),” imbaunya.

3. Memasang WPS New Generation untuk mendeteksi gempa

Gempa 2,9 SR Guncang Blora, Nihil Kerusakan dan Korban Jiwa(IDN Times/Sukma Shakti)

Hadi menuturkan, terkait dengan penanganan gempa, dari BPBD Blora bekerjasama dengan BMKG Banjarnegara telah memasang peralatan warning receiver system new generation (WPS New Generation) di wilayah Jawa Tengah, termasuk di Blora.

Peralatan itu, imbuhnya, berfungsi untuk mendiseminasikan informasi kejadian gempa bumi.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya