Comscore Tracker

3 Hari, 524 Pemudik Jabodetabek Padati Kudus, Dampak Virus Corona

Pemkab Kudus meminta mereka untuk isolasi mandiri

Kudus, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus meminta kepada para pemudik yang pulang ke Kota Kretek untuk langsung melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Langkah itu perlu dilakukan guna mengantisipasi kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona (COVID-19).

1. Kedatangan para pemudik di Kudus sudah tampak

3 Hari, 524 Pemudik Jabodetabek Padati Kudus, Dampak Virus CoronaDok. Humas Jabar

Juru Bicara Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Kudus, Andini Aridewi menuturkan, bahwa belakangan terdapat sejumlah pemudik yang pulang ke Kudus. Pihaknya berharap para pemudik bisa melakukan isolasi mandiri.

“Harapannya melakukan isolasi mandiri selama 14 hari,” ujar dia, Selasa (31/3/).

Baca Juga: Hotline Nomor Kedaruratan Covid-19 di Kudus  

2. Seluruh petugas kesehatan di Kudus diminta awasi para pemudik

3 Hari, 524 Pemudik Jabodetabek Padati Kudus, Dampak Virus CoronaPetugas kesehatan melakukan pengecekan suhu tubuh masyarakat yang masuk kabupaten Mahulu. humas.mahakamulukab.go.id

Agar efektif, Pemkab juga telah memerintahkan seluruh lini kesehatan, sampai tingkat desa untuk melakukan pemantauan terhadap warga yang berasal dari luar daerah.

“Kita ada support teman-teman (puskesmas) yang ada di Kudus untuk melakukan pemantauan terhadap para pemudik,” ungkap Aridewi.

3. Pemudik sebagian besar dari Jabodetabek

3 Hari, 524 Pemudik Jabodetabek Padati Kudus, Dampak Virus CoronaIDN Times/Tunggul Damarjati

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus, Abdul Halil mengatakan untuk data pemudik yang ke Kudus, menyatakan sejak Sabtu (28/3) sampai Senin (30/3), atau tiga hari ini sudah ada 524 pemudik yang masuk. Kesemuanya merupakan warga Kudus.

“Data pemudik sampai dengan saat ini baru sekitar 524 khusus warga Kudus yang tersebar di wilayah Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Puncak-Cianjur),” ujar dia saat dikonfirmasi IDN Times pada Selasa (31/3).

Setibanya di terminal di Kudus, lanjut Halil, mereka langsung diperiksa kesehatan. Sehingga diharapkan penyebaran virus corona itu dapat dicegah teruta ma bagi warga yang berasal dari wilayah zona merah COVID-19.

Baca Juga: 10 Potret Kegiatan Pejabat di Kudus, Cenderung Bikin Kerumunan Baru

Topic:

  • Aji
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya