Geger, Warga Kebumen Temukan Panah dan Senjata di Pekarangan Rumah

Senjata tradisional ditemukan pedagang sayur

Kebumen, IDN Times - Warga Desa Waluyorejo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen geger setelah penemuan busur panah lengkap dengan anak panahnya, Jumat (17/1). Busur panah itu ditemukan tergeletak di pekarangan warga dalam kondisi terbungkus rapi di dalam sebuah karung plastik.

Baca Juga: Viral! Aksi Pria Berpistol Hentikan Mobil di Brebes, Ini Faktanya

1. Ditemukan warga di pekarangan rumah

Geger, Warga Kebumen Temukan Panah dan Senjata di Pekarangan RumahWarga Desa Waluyorejo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen berkerumun menyaksikan penemuan berbagai senjata tradisional yang kemudian dievakuasi anggota Polsek Puring, Jumat (17/1). Humas Polres Kebumen

Barang-barang ini ditemukan Waliyah (45) pemilik pekarangan. Waliyah menemukan senjata itu sepulang berjualan sayur keliling.

Ia membuka karung plastik itu dan menemukan berbagai macam senjata tajam seperti busur panah lengkap dengan anak panahnya, senjata tajam jenis Kujang, topeng dan sumpit (tulup).

Penemuan ini selanjutnya dilaporkan ke Polsek Puring untuk ditindaklanjuti dan diselidiki. Tak lama setelah dilaporkan, Polsek Puring bersama dengan Koramil Puring mendatangi tempat kejadian perkara.

2. Warga yang penasaran berbondong-bondong datangi lokasi penemuan

Geger, Warga Kebumen Temukan Panah dan Senjata di Pekarangan RumahWarga Desa Waluyorejo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen berkerumun menyaksikan penemuan berbagai senjata tradisional yang kemudian dievakuasi anggota Polsek Puring, Jumat (17/1). Humas Polres Kebumen

Kedatangan polisi membuat warga setempat bertanya-tanya. Warga yang penasaran ingin melihat secara dekat mendatangi pekarangan milik Waliyah.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat dikonfirmasi melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman, mengatakan barang-barang penemuan itu dibawa ke Polsek Puring.

"Saat ini benda-benda itu sudah diamankan di Mapolsek Puring. Polsek yang datang ke TKP langsung mengamankan benda-benda itu," kata Tugiman, Sabtu (18/1).

3. Senjata tradisional diduga sekadar aksesoris yang ditinggal pemiliknya

Geger, Warga Kebumen Temukan Panah dan Senjata di Pekarangan RumahBerbagai senjata tradisional yang ditemukan warga dalam karung plastik di pekarangan warga Desa Desa Waluyorejo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jumat (17/1). Humas Polres Kebumen

Dari hasil penyelidikan Polsek Puring, benda-benda itu merupakan asesoris pajangan. Ia menduga barang-barang itu dibuang pemiliknya atau terjatuh.

"Setelah dilakukan penyelidikan, benda itu tidak setajam senjata aslinya. Jadi semacam hiasan dinding," kata Iptu Tugiman.

Dari hasil pendataan yang dilakukan Polsek Puring, karung plastik itu berisi barang-barang antaralain sebuah benda berbentuk senjata kujang (senjata tajam khas Sunda)yang tumpul, bahkan tanpa sisi tajam di kedua sisinya.

Barang lain yaitu sebuah busur panah yang terangkai dari kayu dan bambu, 20 buah anak panah yang pangkalnya rata, rangkaian kayu dan bambu tempat menaruh anak panah, dua buah topeng hiasan dinding, sebuah sumpitan/tulup beserta anak sumpitan.

Dari kejadian itu, Iptu Tugiman mengapresiasi laporan warga. Ia berharap apapun kejadian yang mencurigakan agar dilaporkan ke polisi.

"Sekecil apapun laporan akan ditanggapi oleh Polres. Kami ucapkan terima kasih kepada warga yang telah melaporkan," ujar Tugiman.

Baca Juga: Dramatis! Evakuasi Jasad Pemancing di Kebumen, Mayat Tak Bisa Diangkat

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya