Jateng di Rumah Saja, Ini 5 Lokasi Penjagaan Berlapis di Purbalingga

Yang mau ke Purbalingga harus bawa surat keterangan negatif

Purbalingga, IDN Times - Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menerapkan penjagaan berlapis pada hari pertama penerapan gerakan Jateng di Rumah Saja, Sabtu (6/2/2021). Penjagaan lapis pertama ditempatkan di tiga titik perbatasan sementara penjagaan lapis kedua ada di empat titik akses menuju Kota Purbalingga.

1. Ada lima lapis penjagaan di Purbalingga

Jateng di Rumah Saja, Ini 5 Lokasi Penjagaan Berlapis di PurbalinggaPengukuran suhu tubuh kepada warga yang masuk Purbalingga, Sabtu (6/2/2021). Penutupan jalan merupakan bagian dari penerapan gerakan Jateng di Rumah Saja. IDN Times/Rudal Afgani

Penjagaan lapis pertama terdapat di tiga perbatasan utama masuk Purbalingga, antara lain perbatasan Purbalingga-Banyumas via Jompo, perbatasan Purbalingga-Pemalang di Terminal Bobotsari, dan Perbatasan Purbalingga-Banjarnegara di Terminal Bukateja.

Sementara penjagaan lapis kedua ditempatkan di empat titik pintu masuk ke kota. Keempat titik tersebut antara lain pintu masuk dari Purwokerto di Simpang Karangsentul, pintu masuk dari Sokaraja di Bundaran Air Mancur Kalimanah, pintu masuk dari arah Banjarnegara di Simpang Kedungmenjangan, dan pintu masuk dari arah Pemalang di Simpang Sirongge.

"Ini dalam rangka menjalankan perintah Bapak Gubernur Jateng, yaitu Jateng di Rumah Saja selama dua hari," kata Kabag Ops Polres Purbalingga, Kompol Pujiono.

Baca Juga: Miris! Kasus Narkoba di Purbalingga Naik Saat Pandemik COVID-19

2. Melintas dengan gejala akan di-rapid test antigen

Jateng di Rumah Saja, Ini 5 Lokasi Penjagaan Berlapis di PurbalinggaWarga yang melintas Purbalingga menjalani rapid test antigen di Perbatasan Purbalingga-Banyumas, Sabtu (6/2/2021). IDN Times/Rudal Afgani

Dalam penjagaan tersebut dilibatkan petugas gabungan dari Polres, Kodim, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Purbalingga, serta petugas medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga. Pelibatan petugas medis untuk pelaksanaan rapid test bagi warga yang melintas.

"Bagi orang yang masuk Purbalingga dengan tujuan Purbalingga tapi tidak membawa keterangan negatif rapid test kita terapkan rapid test antigen, gratis," kata Kepala Dinas Perhubungan, Yani Sutrisno, Sabtu (6/2/2021).

Adapun terhadap warga luar Purbalingga yang melintas perbatasan dengan suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat Celcius, petugas akan mengambil foto dokumen kemudian mengoordinasikan dengan Dinkes kota tujuan mereka.

"Apabila ada warga Purbalingga yang reaktif, berdasar analisis dokter atau tim medis, akan disarankan isolasi mandiri atau ke rumah sakit yang ditunjuk. Tapi kalau analisis dokter atau tenaga medis cukup isolasi mandiri, maka KTP akan difoto dan dikoordinasikan dengan desa dan puskesmas setempat," ujar Yani.

3. Dinas Kesehatan menyiapkan 3 ribu rapid test antigen

Jateng di Rumah Saja, Ini 5 Lokasi Penjagaan Berlapis di PurbalinggaWarga yang melintas Purbalingga menjalani rapid test antigen di Perbatasan Purbalingga-Banyumas, Sabtu (6/2/2021)./Foto: Rudal Afgani

Dinas Perhubungan Purbalingga menyiapkan 300 rapid test kit bantuan dari Kementerian Perbuhubungan yang didistribusikan melalui Dinas Perhubungan Jateng.

"Kalau kurang, masih ada backup dari Dinkes dan BPBD Purbalingga," ucapnya.

Tes cepat antigen diberlakukan selama dua hari penyekatan. Dinas kesehatan menyediakan 3 ribu rapid test kit selama dua hari operasi penyekatan dalam rangka gerakan Jateng di Rumah Saja.

Baca Juga: Lomba Merpati di Purbalingga dan Banyumas Dibubarkan Tim Gabungan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya