Comscore Tracker

Paslon Pilkada 2020 Purbalingga Oji-Zaini Positif Kena Virus Corona

Dua kakak Oji meninggal berurutan kena COVID-19

Purbalingga, IDN Times - Salah satu pasangan calon (paslon) Pilkada 2020 Purbalingga, Muhammad Zulhan Fauzi-Zaini Makarim Supriyatno menyatakan sempat terkonfirmasi positif terpapar virus corona (COVID-19). Pernyataan itu mereka sampaikan pada konferensi pers di Posko Pemenangan Oji-Zaini di Jl S Parman Purbalingga, Minggu (4/10/2020).

1. Oji dirawat di Mayapada Hospital Jakarta

Paslon Pilkada 2020 Purbalingga Oji-Zaini Positif Kena Virus CoronaPasangan calon Bupati Purbalingga Oji-Zaini menyapa pendukung ketika mendaftar sebagai calon bupati di KPU Kabupaten Purbalingga, Minggu (6/92020). Foto: KPU Purbalingga

Oji, sapaan Fauzi, terkonfirmasi positif COVID-19 setelah menjalani tes usap atau swab test pada 13 September 2020. Oji menjalani tes saat dirawat di Rumah Sakit Mayapada Jakarta.

"Sekitar delapan hari isolasi dan tanggal 20 September saya di-swab test lagi, alhamdulillah hasilnya negatif COVID-19," kata Oji.

Meski terkonfirmasi negatif, Oji kembali menjalani tes usap pada tanggal 24 September 2020 untuk memastikan kesehatannya sebelum mengikuti tahapan pilkada pengambilan nomor urut. Hasilnya kembali negatif virus corona.

Baca Juga: Oji-Zaini Absen Pada Pengundian Nomor Urut Calon Bupati Purbalingga

2. Zaini juga terkonfirmasi positif COVID-19

Paslon Pilkada 2020 Purbalingga Oji-Zaini Positif Kena Virus CoronaCalon Bupati Purbalingga, Muhammad Zulhan Fauzi (berpeci) didampingi ketua tim pemenangan Oji-Zaini, Adi Yuwono melayani wawancara dengan jurnalis di posko pemenagan Oji-Zaini, Minggu (4/10/2020). IDN Times/Rudal Afgani

Setelah mengetahui Oji positif COVID-19, Zaini yang merupakan pasangan dari Oji langsung melakukan tes usap. Zaini menjalani tes bersama istri di RSUD Margono Soekarjo Banyumas pada 15 September 2020.

"Hasil swab test saya ternyata positif pada sore hari jam 5 sore, namun istri saya dinyatakan negatif COVID-19," ujar Zaini.

Tanggal 23 September 2020, Zaini kembali menjalani tes usap sebelum tahap pengambilan nomor urut. Hasilnya masih positif COVID-19.

"Jam 10 pagi saya mulai tes swab, dan sore harinya saya masih dinyatakan positif COVID-19. Sayapun disarankan untuk isolasi mandiri full selama 14 hari," ucap Zaini.

Setelah 14 hari menjalani isolasi, Zaini kembali menjalani tes usap. Sore harinya hasil tes menyatakan Zaini negatif COVID-19. Ia diperkenankan pulang dan berkumpul dengan keluarga.

3. Transmisi diduga dari almarhum kakak Oji

Paslon Pilkada 2020 Purbalingga Oji-Zaini Positif Kena Virus Coronapixabay.com/jc_cards

Oji menjelaskan, penelusuran sumber penularan COVID-19 diduga berasal dari almarhum kakak kandungnya yang datang dari Jakarta.

Kakak kandung Oji tersebut datang untuk memberi dukungan moral pada momen pendaftaran bakal calon bupati pada Minggu (6/9/2020).

"Kalau dari hasil tracking, kemungkinan dari kakak saya yang datang dari Jakarta," ucapnya.

Dua kakak kandung Oji meninggal  secara berurutan pada tanggal 21 dan 22 September 2020. Satu diantara kakaknya, Choirun Asror meninggal pada Senin (21/9/2020). Sementara Chavidz Ma'ruf, kakak yang lain meninggal pada Selasa siang (22/9/2020).

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir.  Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus.  Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Tambah 372 Kasus Positif Corona, Jateng Urutan Kedua di Indonesia

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya