3 Atlet Para-Panahan Indonesia Lolos ke Paralimpiade 2024 

Tiga atlet penuh perjuangan.

Indonesia kembali meloloskan atlet ke Paralimpiade Paris 2024. Sebanyak tiga atlet para-panahan dari dua nomor perlombaan mampu merebut tiket untuk berlaga di Paralimpiade 2024.

Setelah mencetak prestasi bagus dalam Kejuaraan Dunia Para-Panahan yang berlangsung di Pilsen, Republik Ceko pada 17-23 Juli 2023.

1. Tiket masuk Paralimpiade 2024.

3 Atlet Para-Panahan Indonesia Lolos ke Paralimpiade 2024 Atlet para panahan yang lolos Paralimpiade 2024. (Dok/NPC Indonesia)

Trio atlet para-panahan tersebut yakni Kholidin dan Setiawan yang tampil di nomor recurve men open serta Ken Swagumilang berlaga di nomor compound men open.

Meski belum berhasil menjadi yang terbaik, namun ketiga atlet tersebut mampu mencetak sejumlah torehan prestasi bagus dengan memperbaiki peringkat mereka di daftar ranking dunia dan Asia sehingga mengamankan tiket Paralimpiade 2024.

Dalam kejuaraan dunia ini, Kholidin mampu menempati peringkat keenam dunia dan berada di peringkat ketiga Asia. “Saya sangat senang bisa lolos dan membawa nama Indonesia melaju ke Paralimpiade 2024. Banyak pelajaran berharga yang bisa saya ambil dari kejuaraan ini,” kata Kholidin dalam rilis yang diterima IDN Times, Jumat (12/7/2023). 

2. Langkah Wawan sempat terhenti.

3 Atlet Para-Panahan Indonesia Lolos ke Paralimpiade 2024 Atlet para panahan yang lolos Paralimpiade 2024. (Dok/NPC Indonesia)

Prestasi luar biasa juga diukir oleh Setiawan. Meski menempati peringkat 48 di babak kualifikasi, Setiawan membuat kejutan dengan mengalahkan mantan juara dunia, Eric Bennett dengan skor 6-4 di babak 24 besar. Sayangnya, langkah atlet berusia 20 tahun itu terhenti di babak delapan besar dunia dan memastikan peringkat empat Asia sekaligus memastikan tiket ke Paralimpiade 2024.

“Saya sedikit gugup sejak tampil di babak kualifikasi karena saya langsung melawan atlet-atlet peringkat atas. Namun berkat dukungan dan motivasi dari pelatih dan teman-teman setim sehingga muncul semangat juang dalam diri saya,” ungkap atlet yang disapa Wawan tersebut.

3. Lanjut pertandingan di Tiongkok dan Thailand.

3 Atlet Para-Panahan Indonesia Lolos ke Paralimpiade 2024 Menpora Amali saat menghadiri pelepasan atlet panahan, Senin (14/6/2021) di Lapangan Panahan GBK. (Dok. Kemenpora)

Sementara itu di nomor compound men open, Ken Swagumilang juga mengukir prestasi bagus dengan menempati peringkat 5 dalam kejuaraan dunia 2023 tetapi ranking Ken merupakan atlet peringkat satu di Asia.

“Alhamdulillah, diizinkan Allah untuk mendapatkan tiket ke Paralimpiade 2024. Saya cukup puas untuk event ini karena saya mampu menunjukan kemajuan, tetapi secara keseluruhan saya belum puas karena masih banyak yang harus diperbaiki,” ujar Ken Swagumilang.

Keberhasilan meloloskan tiga atlet ke Paralimpiade 2024 merupakan prestasi luar biasa bagi kontingen para-panahan Indonesia. Atlet Indonesia harus bersaing dengan 68 peserta dari total 55 negara di nomor recurve serta 83 peserta dari 55 negara di nomor compound.

“Awalnya kami hanye menargetkan meloloskan dua atlet ke Paris 2024 dari kejuaraa dunia ini, namun target itu mampu dilewati dengan meloloskan tiga atlet ke Paralimpiade tahun depan,” jelas Idya Putra Harijanto, pelatih para-panahan Indonesia.

“Secara skor, ada atlet yang mampu mencapai target namun juga ada yang sedikit menurun karena baru pertama kali ikut kejuaraan dunia,” tambah Idya.

Untuk memperbanyak jam terbang bertanding dan mengasah mental atlet, para-panahan Indonesia akan mengikuti serangkaian kejuaraan internasional. Selain akan tampil di Asian Para Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok, para-panahan juga akan tampil di Asian Para Championship Bangkok di bulan November, IWAS World Games Thailand di Desember dan Fazza World Championship di Maret 2024.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya